Ketua AJT Desak Polisi Tuntaskan Kasus Penganiayaan Wartawan Di Surabaya 

Kabaroposisi.net | TULUNGAGUNG , AJTTV.COM – Sebanyak 5 orang wartawan dari berbagai media di Kota Surabaya, mendapatkan tindakan kekerasan dan intimidasi, saat melakukan peliputan di Diskotek Ibiza di Jalan Simpang Dukuh, Surabaya. Jumat , 20 Januari 2023 malam.

Aliansi Jurnalis Tulungagung ( AJT ) mengecam dan meminta aparat melakukan pengusutan tuntas.

“Kami meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengusut kasus ini secara tuntas dan diproses sesuai hukum yang berlaku,” kata Catur Santoso, Kamis (26/1/2023).

Sejumlah wartawan yang menjadi korban penganiayaan adalah fotografer Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Didik Suhartono, fotografer INEWS.com Ali Masduki, reporter INEWS Firman Rachmanudin, reporter Beritajatim.com Anggadia dan reporter Lensaindonesia.com Rofik.

Ia menjelaskan bahwa tindakan kekerasan terhadap wartawan merupakan serangan terhadap kebebasan pers yang dilindungi Undang Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan melanggar KUHP.

Karena itu ia mengimbau kepada para jurnalis dan pengelola media agar tidak surut dan tidak takut menjalankan fungsinya sebagai kekuatan sosial kontrol dengan tetap memperhatikan UU Nomor 40/1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan regulasi lain yang sah.

“Kejadian ini tidak perlu terjadi ,karena mereka sedang menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial” tegas Catur ditemui wartawan dikantornya.

Catur meminta Pihak Kepolisian mengungkap kasus ini seterang – terangnya sehingga diketahui otak pelakunya.

“Harus diungkap hingga ditemukan otak pelaku penganiayaan serta ada efek jera agar tidak terjadi kepada wartawan lain” Harapnya.

Catur mengingatkan ,Pasal 18 UU Pers mengancam penghalang kemerdekaan pers dengan pidana dua tahun atau denda 500 juta rupiah.

Seperti diketahui , Peristiwa penganiayaan itu terjadi saat 5 orang pewarta itu bersiap meliput penyegelan tempat hiburan malam oleh Satpol PP Pemprov Jatim dan DinasPenanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Jl Simpang Dukuh, Surabaya.

 

Penulis : Adimas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *