Musrenbangdes Temuguruh, Dalam Rangka Penyusunan RKPDes 2022 & Daftar Usulan RKPDes 2023

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Pemerintah Desa Temuguruh Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi, Sabtu 25/9/2021, gelar Musrenbangdes. Dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) Tahun 2022, dan membuat Dafar Usulan Recana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) Tahun 2023.

Sebagaimana desa-desa yang lainnya karena fokus program pada upaya pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi covid-19. Maka tema yang dianggkat adalah “Penguatan Sektor Strategis Untuk Pemulihan Ekonomi Berbasis Pembangunan Pedesaan”.

Dihadirkan dalam Musrenbangdes kali ini, selain peserta Musren yag terdiri dari perwakilan semua unsur, lembag desa, dan intansi Pemerihtahan setempat. Hadikan pulajajaran Forpimka Sempu juga anggota DPRD dapil 5 diantaranya Ruliono dari Fraksi Golkar yang juga selaku Pimpinan DPR, dan Ficky Septalinda dari Fraksi PDI-Perjuangan yang juga selaku Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi.

Setelah pembukaan dan menyanyikan lagu kebangsaan, acara diawali dengan penyampaian laporan oleh Panitia penyelenggara Musrenbangdes dalam hal ini Sekdes Temuguruh. Berikut sekilas sebelum sambutan penghormatan oleh Kades Temuguruh. Hadirin disuguhi slide video kegiatan Pemerintahan Desa tepatnya acara tasyakuran HUT Kemerdekaan RI Ke 76.

“Bagi saya jabatan adalah amanah mumpung ketemu tidak ada salahnya saya curhat kepada njenengan semua terutama tokoh-tokoh. Terkait kebijakan-kebijakan saya disaat menjadi Kepala Desa. Kalau toh kebijakan saya ada yang salah, monggo ingatkan kepada kami bisa secara langsung, WhatsApp, Mesenger, ataupun Facebook pasti saya respon dengan baik”, ungkapnya.

Selanjutnya secara transparan Kades Asmuni menyampaikan banyak hal terutama soal capaian-capaian kinerjanya di tahun-tahun selama menjabat terlepas ada kelebihan dan kekurangannya. Berikut disampaikan juga rencana kegiatan yang diprioritaskan di tahun anggaran 2022 secara rinci, meski katanya tetap mengacu pada ketersediaan anggaran. Harapnya semoga masa pandemi covid-19 segera berakhir sehingga semua rencana program dapat terkafer semua.

Camat Sempu dalam hal ini oleh Sekcam Andi Basuki sampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran anggota Dewan disebutnya Pak Ruli dan Mbak Ficky yang selama ini mensupprot pembangunan di Desa Temugurh dan Kecamatan Sempu umumnya. Mempertegas lagi bahwa yang harus dibahas Musrenbangdes itu ada 2 agenda diantaranya menuyusun RKPDes 2022 dan Membuat Daftar Usulan RKPDes Tahun 2023 sebagai bahan pembahasan di Musrenbangcam.

Lanjut Sekcam, bahwa terkait RKPDes 2022 yang jadi fokus pebahasannya yang pertama, adalah penyusunan skala prioritas pembangunan desa yang didanai melalui swadaya. Yang kedua, penyusunan prioritas pembangunan desa yang didanai dana desa yang bersumber dari APBN, yang ketiga penyusunan prioritas kegiatan pembangunan desa yang didanai dana alokasi desa yang berasal dari APBD Kabupaten. Untuk Daftar usulan RKPDes 2023, Sekcam mohon dimasukan kegiatan yang menjadi isu-isu krusial utamanya yang menyangut hajat orang banyak. Yaitu masalah pelatihan pemilahan dan pengolaan sampah tidak hanya soal pembangunan fisik tempat penampungan sampahnya saja. destinasi-destinasi wisata lokal yang berintegrasi dengan kegiatanĀ  UMKM.

Sementara dari perwakilan anggota DPRD yang hadir memberikan sambutan Ruliyono dari Fraksi Golkar. Yang mana pada intinya dikatakan bahwa selaku anggota DPR siap menampung dan memperjuangkan masyarakat. Termasuk apa saja yang jadi usulan masyarakat Desa Temuguruh di Musrenbangdes hari ini. Sekilas Ruliyono juga informasikan aspirasi atau permintaan masyarakat Temuguruh yang sudah realisasi. Hal itu perlu disampaikan katanya, karena khawatir masyarakat beranggapan bahwa apa yang dijanjikan dikatakan tidak terpenuhi. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *