Puting Beliung Terjang 35 Rumah di Banyuwangi ,TNI Polri dan Instansi terkait Gotong Royong perbaiki Rumah yang Rusak

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Angin puting beliung menerjang Dusun Sumberjo, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur. Sedikitnya 35 rusak parah hingga sedang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Angin kencang terjadi pada Minggu dinihari (19/8/2021), sekira pukul 03.00 WIB. Angin puting beliung yang itu merusak 35 rumah yang berada di RT 1 dan RT 2, RW 2 Dusun Sumberjo, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran.

“Memang benar ada angin puting beliung di wilayah Desa Wringinagung. 35 rumah rusak parah hingga sedang,” ujar Kapolsek Gambiran, AKP Suryono Bakti.

Ditambahkan Kapolsek Gambiran, AKP Suryono Bhakti, bencana puting beliung itu tidak sampai menelan korban jiwa. Menurut keterangan saksi mata, angin tiba-tiba datang dengan kencang. Warga kaget dan mencoba keluar rumah, karena suara angin sangat kencang mirip helikoper yang akan mendarat.

“Sebagian masih tidur. Sebagian lagi keluar rumah. Tidak ada korban jiwa. Hanya beberapa saja yang luka lecet karena panik keluar rumah,” tambahnya.

TNI-Polri dan beberapa relawan saat ini terus melakukan kerja bakti untuk kembali memperbaiki rumah yang rusak. Kerusakan rumah diakibatkan beberapa pohon timbang menimpa atap rumah warga.

“Estimasi kerugian sekitar 130 juta. Kebanyakan dapur roboh karena terbuat dari kayu. Selain itu atap rumah banyak yang terbang,” jelasnya.

“ Tak hanya rumah warga, angin puting beliung juga berdampak pada jaringan PLN hingg tertimpa pohon dan listrik pun mati,” Kata Kapolsek Gambiran AKP. Suryono Bhakti.

Untuk menunjang warga yang ikut gotong royong pembersihan serta pembenahan rumah akibat angin puting beliung, Pemerintah Desa telah menyiapkan 2 dapur umum di masing masing RT yang terdampak. (*Red/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *