Jum’at Bersih, Wajah Ex Pasar Kota Blora Berseri

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET|Blora, – Wajah ex-Pasar Kota Blora sedikit berubah ketika hampir setengah hari pembersihan lokasi kembali dilakukan secara bersama sama, Jum’at (27/8/2021) dimulai pukul 08.00 WIB.

“Iya, hari ini aksi bhakti lingkungan Jum’at Bersih kembali dilakukan oleh teman teman relawan Blora yang bekerjasama dengan 25 organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora serta Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Blora,” kata Eko Arifianto selaku Koordinator Relawan Blora.

Bacaan Lainnya

Dengan kepiawaian operator ekskavator, pohon Klampis yang penuh duri dan tanaman Rawe yang bulunya terkenal bisa sebabkan gatal yang tumbuh liar di lahan bekas pasar yang dulu dibangun tahun 1973 dan diratakan pada tahun 2019 itu berhasil dicabut dan dirantasi.

Jum’at bersih, exs pasar Blora

“Untung kita dibantu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) yang mendatangkan alat berat berupa ekskavator dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang menyediakan armada truk pengangkut sampahnya. Itu pohon Klampis berduri seukuran lengan orang dewasa langsung tercerabut hingga akarnya. Kalau tidak, mungkin siang ini belum selesai. Jangankan kok satu hari, kalau dikerjakan dengan tenaga manusia saja mungkin empat kali Jum’at Bersih belum selesai juga,” ujarnya di sela sela kegiatan.

Sekitar 3 jam para peserta bhakti lingkungan melakukan pembersihan lahan dengan dibantu alat berat di lokasi bekas pasar seluas 5.200 meter persegi.

“Untuk giat hari ini, kita turunkan alat berat seperti yang kita gunakan untuk pembersihan eks gedung Sasana Bhakti kemarin. Ini ukuran yang sedang. Ekskavator PC 70. Cukup efisien dan mudah penggunaannya,” jelas Ir. Samgautama Karnajaya, MT selaku Kepala DPUPR Kabupaten Blora.

Sementara, Plt Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora Drs Sugiyono, M.Si mengatakan dengan dikerjakan secara bersama-sama, pembersihan lokasi yang awalnya rimbun oleh semak belukar kini sudah terlihat rapi.

“Iya, lebih cepat bila bergotong royong. Agar sampahnya tidak dibakar dan sebabkan polusi udara, sampahnya langsung kita angkut dengan truk ke TPA Temurejo,” ucap Sugiyono.

Relawan Blora dan didukung pemda Blora

Agar lebih tertata rapi, untuk perataan lahan dan pembersihan sampah rencana akan dilanjutkan di Jum’at Bersih pekan depan.

Acara ini terselenggara atas kerjasama BAPPEDA Blora, BKD Blora, BPPKAD Blora, DIKNAS Blora, DINPORABUDPAR Blora, DKK Blora, DPUPR Blora, DINRUMKIMHUB Blora, DPKP Blora, DINAKIKAN Blora, DINDAGKOP UKM Blora, DINKOMINFO Blora, DPMPTSP Blora, DLH Blora, DINDALDUK KB Blora, DINDUKCAPIL Blora, DPMD Blora, DPK Blora, DINPERINAKER Blora, DINSOS P3A Blora, SATPOL PP Blora, BPBD Blora, KESBANGPOL Blora, Bagian-bagian di lingkungan SETDA Blora, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB, Relawan dan Masyarakat Blora.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *