Patuhi PPKM Pemdes Sragi Peringati HARJASA Ke-118, Digelar Dengan Cara Sederhana

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Biasanya acara memperingati Hari Jadi Sragi (HARJASA), Pemerintah Desa dan masyarakat Sragi gelar dengan cara meriah dan akbar. Ada konvoi (arak-arakan) melibatkan ribuan orang, ada panggung hiburan berupa pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dan ruwatan.

Kini tepatnya pada hari Rabu 18/8/201, HARJASA Ke -118 digelar dengan cara sederhana di Pendopo Kantor Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Agenda kegiatan dalam bentuk tasyakuran sekalian dalam rangka memperingati bulan Muharram (Assyuro) yang ditandai dengan pemberian santunan pada anak yatim. Dan juga dalan rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang Ke – 76.

Mengingat masih dalam PPKM menghindari terjadinya kerumunan, yang dihadirkan dalam acara tersebut terbatas pada unsur BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPMD, Kepala Dusun, beberapa tokoh pemuka agama setempat, dan para staf desa saja.

Sebagaimana disampaikan oleh Kades Hartono beberapa menit sebelum acara dimulai, kegiatan dilaksanakan dengan cara sederhana. Demi mematuhi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan juga demi menyelamatkan warganya dari penyebaran virus covid-19.

“Sebenarnya masyarakat menginginkan peringati HARJASA ini meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Demi patuh dan menghormati PPKM serta demi keselamatan warga dari penyebaran virus covid-19. Kita sepakat dalam musyawarah bersama BPD dan tokoh masyarakat acara dilaksanakan cara sederhana saja”, ungkap Kades Hartono saat dikonfirmasi.

Pada kesempatan tersebut sebelum dilakukan pembacaan tahlil dan doa bersama, Kades Hartono dalam sekapur sirihnya menyampaikan harapannya. Mudah-mudahan kita semua khususnya perangkat desa Sragi ini diberikan keselamatan, umur panjang dan bisa mengayomi masyarakatnya masing-masing serta amanah.

Dan untuk almrahum-almarhumah disebutnya para pejuang kemerdekaan dan para sesepuh yang mbabat Desa Sragi sampek terjadinya desa Sragi ini. Kades Sragi memohon mudah-mudahan amal semua ibadahnya diterima oleh Allah Swt. Dan harapnya, semoga barokah doa bersama dalam tasyakuran itu, bisa mendatangkan pengampunan dosa dan memuluskan perjalanan para pejuang menuju surganya Allah Swt.

Kades Hartono megajak hadirin untuk menjadikan moment tasyakuran tersebut sebuah moment yang bisa membuat semuanya guyub rukun. Yaitu bagaimana Desa Sragi ke depan semakin lebih baik dan maju, baik dari segi pembangunan fisik dan juga maju dalam artian meningkatnya kesejahteraan maayarakat. Pungkasnya, “Pemerintah Desa siap menerima saran kritik, gagasan dan pemikiran semua masyarakat selama untuk kebaikan bersama”.

Sementata Ketua BPD Sragi Ni’amullah mengapresiasi kinerja Pemerintahan Desa Sragi diera kepemimpinan Kades Hartono. Disampaikannya, bahwa meski kegiatan dalam rangka HARJASA, memperingati bulan Muharram dan HUT Kemerdekaan RI Ke – 76 dengan cara yang sederhana tidak mengurangi rasa khitmat dan nilai manfaat.

Berikut Ketua BPD Ni’amullah berharap, mudah-mudahan niatan baik oleh Pemerintah Desa Sragi bisa mendatangkan kebaikan dari Allah Swt dan bermanfaat untuk masyarakat Sragi. Sehingga Pemerintah Desa Sragi ke depan mampu memberikan pelayanan dan melaksanakan pembangunan sesuai dengan amanah masyarakat. Akhirnya Ni’am mengajak kepada semuanya untuk tetap kompak guyub rukun, bersama Pemerintah Desa menuju dan menciptakan Desa Sragi yang aman, tentram, nyaman, sertah barokah. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *