Guru Guru SMKS Pesantren Terpadu dan MTs Favorit Darut Taqwa Antusias dalam Membuat Media Pembelajaran Interaktif bersama tim UPN Veteran Jatim

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET|Mojokerto, – SMKS Pesantren Terpadu dan MTs Favorit Darut Taqwa Kabupaten Mojokerto adalah satu lembaga pendidikan yang perlu membekali guru dan siswa dengan keterampilan yang memadai termasuk kompetensi Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK). Sat ini, tuntutan yang harus dilaksanakan suatu sekolah dalam melaksanakan suatu proses pembelajaran adalah dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna menghadapi era digitalisasi.

Team UPN

Kali ini, tim Pengabdian kepada Masyarakat UPN Veteran Jatim yang beranggotakan Dr. Sukirmiyadi, M.Pd., Roziana Febrianita, S.Sos. M.A., Arista Pratama, S.Kom., M.Kom, Dr. Endang Sholihatin, S.Pd., M.Pd., dan beberapa mahasiswa UPN Veteran Jatim lainnya bersama-sama melakukan pelatihan membuat media pembelajaran interaktif dengan software articulate storyline kepada guru-guru SMKS Pesantren Terpadu dan MTs Favorit Darut Taqwa Kabupaten Mojokerto pada 12 Agustus 2021 di sekolah tersebut. Para guru tersebut tampak semangat dan antusias dalam mengikuti pelatihan dari awal hingga selesai.

Software articulate storyline merupakan aplikasi untuk membuat media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat menyajikan sebuah pembelajaran yang menarik sehingga dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran. Selain itu, articulate storyline juga berguna sebagai media presentasi dengan menampilkan poin-poin penting disertai dengan gambar, animasi, video, maupun kuis.

Penggunaan aplikasi multimedia interaktif ini dapat digunakan oleh guru atau siswa agar pembelajaran lebih menarik. Aplikasi ini cukup mudah dibuat karena tampilan yang hampir mirip dengan PowerPoint. Alur cerita yang mengartikulasikan dapat dipublikasikan sesuai keinginan pengguna. Di samping itu, aplikasi ini juga dapat diakses melalui internet karena didukung dalam format HTML5 dan dapat diakses baik melalui komputer maupun smartphone.

Begitu pentingnya media penggunaan media pembelajaran, kecanggihan teknologi mampu berperan untuk memenuhi itu semua. Dengan kreativitas guru dalam menampilkan materi pada media pembelajaran, diharapkan siswa dapat menerima materi dengan baik sehingga tujuan pembelajaran juga dapat tercapai dengan baik pula.

 

Sumber : UPN Veteran Jatim LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *