Nguri Nguri Sejarah Asal Usul Desa Maesan

KABAROPOSISI.NET|Kediri – Desa Maesan Kecmatan Mojo Kabupaten Kediri tidak akan ada tanpa adanya para pendiri desa, para sesepuh yang sudah bersusah payah membentuk sebuah peradaban di wilayah Desa Maesan. Diantara para sesepuh tersebut adalah Eyang Hasan Rawi yang berdasar cerita yang ada, beliau merupakan pendiri Desa Maesan Di Abad ke- 18 dari Mataram.

Melestariakan budaya

Demikian pembuka sambutan Kepala Desa Maesan, Ahmad dalam acara Tasyakuran dan Mulainya Rehabilitasi Makam Eyang Hasan Rawi, Minggu 01/08/2021

Dijelaskan pula, bahwa Makam ini adalah makam tertua di Desa Maesan yang menjadi saksi perjuangan para pendiri desa dalam meletakkan nilai nilai agama dan budaya yang luhur di desa ini.

“Sebagai generasi penerus, kita patut berterima kasih kepada para pendahulu dan pendiri desa ini. Ada Eyang Hasan Rawi dan lain-lain. Cara berterima kasihnya yaitu dengan mengingat perjuangan beliau dan meneruskan cita-cita para pendiri desa, mewujudkan Desa Maesan yang sejahtera, aman dan Bersatu Bangkit”, lanjutnya

Agar para generasi penerus tidak lupa dengan Eyang Hasan Rawi, Pemdes Maesan Bersama alih waris dan masyarakat desa maesan sudah memulai pembangunan punden yang awalnya tidak terawat. Saat ini sedang proses pembangunan dengan model arsitektur bata kuno yang berlokasi di Pemakaman jlondangan dusun Maesan desa Maesan. Tujuan dibangunnya makam tersebut sebagai tanda agar tidak mudah dilupakan.

“saya bersama masyarakat gotong royong dan swadaya anggaran untuk membangun makam Eyang Hasan Rawi agar makam Eyang Hasan Rawi mudah terlihat, sehingga siapapun masyarakat Desa Maesan tidak mudah melupakan beliau, sebab beliu adalah pepunden desa ini.” jelas Ahmad

Selanjutnya Ahmad mengajak kepada Masyarakat untuk tetap menjalin rasa persatuan dan kesatuan guna mewujudkan desa Maesan yang sejahtera, aman dan Bersatu Bangkit. Apalagi di bulan Besar / dzulhijjah yang penuh kemuliaan ini, kita harus meningkatkan kebaikan-kebaikan kita agar selesai bulan Dzulhijjah mendapatkan rejeki, ampunan dan kasih sayang Alloh SWT.

Sementara itu, Ketua Forum RT/RW Desa Maesan Mustofa ALi mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Desa Maesan yang telah Peduli dan berkenan membangun tmakam pendiri desa Maesan. “Saya berterima kasih kepada Bapak Kepala Desa dan masyarakat yang peduli kepada pendiri desa Maesan. (uli/83)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *