Pemda Pacitan Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET|Pacitan, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan akhirnya resmi meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Peluncuran ini juga bagian dari upaya Pemkab Pacitan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Peluncuran mesin ADM tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji pada Selasa (8/6/2021) di Kecamatan Tulakan.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Aji, seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Kecamatan Tulakan dipilih untuk launching ADM karena kecamatan tersebut memiliki jumlah penduduk terbanyak.

Bupati berharap, dengan ADM ini masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan seperti KTP lebih mudah dan murah karena cukup di tingkat kecamatan.

Bupati ingin alat ini dapat memangkas waktu dan biaya dalam pengurusan administrasi kependudukan. Untuk itu sosialisasi harus dilakukan agar keberadaan mesin ini dapat diketahui dan dimanfaatkan masyarakat. Pemkab sendiri akan mengevaluasi sistem kerja ADM apakah efektif dan efisien diterapkan di Pacitan.

“Jika memang lebih baik dan masyarakat dapat merasakan manfaat dari ADM untuk pengadaan kenapa tidak,” pungkas Bupati Aji.

Sebagaimana diketahui, ADM ini merupakan terobosan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk mendigitalisasi layananan kependudukan. Serta bisa mencetak dokumen kependudukan dalam waktu tidak lebih dari satu setengah menit dan bisa dari mana saja sesuai QR Code yang sudah diregistrasi di dukcapil setempat.

Sehingga, tentunya hal ini akan mempermudah, mendekatkan dan mempercepat layanan kependudukan kepada masyarakat. Khususnya dalam hal pengurusan e-KTP, akta kelahiran, akta kematian, hingga kartu keluarga. (E.Sus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *