Sosialisasi & Edukasi PPKM, Dikemas Dengan Acara Sahur Bersama

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Sepertinya Kepala Desa yang satu ini, yaitu Apandi Kepala Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Getol sekali dalam hal urusan menyelamatkan masyarakatnya dari keganasan virus corona ( Covid-19).

Kades yang pernah mendapatkan predikat terbaik dalam hal kegiatan Kampung Tangguh Semeru dan dapat Piagam Penghargaan dari Polda Jawa Timur itu. Kali ini disibukkan dengan pelaksanaan kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro.

Pantauan media beberapa hari sebelumnya sejak diberlakukan program PPKM hingga masa perpanjangan yang ke sekian kalinya. Kades Apandi tak ubahnya Kades-Kades yang lain sudah melaksanakan beberapa hal terkait kegiatan PPKM. Satu misal pengadaan alat-alat Protokol Kesehatan dan lain sebagainya.

Namun kali ini karena momentum Romadhon di malam hari ke 27, Kades Apandi sengaja menggunakan cara yanh berbeda. Dalam memberikan sosialisasi dan edukasi terkait penanganan Covid-19 kepada warganya yaitu Remaja dan Pengurus Takmir Masjid Baiturrohman Dusun Wijenan Lor.

Pada umumnya di bulan Romadhon yang sering jadi media pertemuan adalah “Buka Bersama”. Namun Kades Apandi lakukan pertemuan dalam rangka sosialisasi dan edukasi penanganan Covid-19 dikemas dengan acara “Sahur Bersama”. Secara kebetulan juga di Masjid Baiturrohman saban malamnya beberapa Pengurus Takmir juga Remaja Masjid. Rutin melaksanakam kegiatan mengaji (Tadarusan).

Melalui Kepala Dusun Sulaimi dan juga Ketua RT wal hasil sebagian tokoh masyarakat, Remaja Masjid dan Takmir Masjid berkumpul. Dan disitulah Kades Apandi berikan sosialisasi kepada warganya dengan leluasa. Seperti biasa Kades Apandi sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih jadi pembuka kata sambutannya. Berikut secara panjang lebar Kades Apandi berikan pengarahan, penekanan kepada warganya terkait bagaimana aman dari virus corona.

Sekilas terkutip apa yang disampaikan oleh Kades Apandi pada kesempatan tersebut.

“Saya minta kepada RT,RW, Kadus dan adik-adik Remaja Masjid Wijenan Lor ini, mari sinergi dengan kami di Pemerintaham Desa. Kita kerja keras bagaimana penyebaran virus covid-19 ini tidak terjadi di desa kita. Pertahankan, dalam beberapa waktu ini desa kita ada di zona hijau atau zona aman. Tolong kepada warga yang datang dari luar kota untuk segera disikapi, dilakukan isolasi mandiri, jangan boleh interaksi dengan warga yang lain dulu, dan segera dikonsultasikan dengan petugas Puskesmas”, lontarnya dengan tegas.

Malam itu juga Kades Apandi perintahkan Kepala Dusun Sulaimi untuk mempersiapkan kegiatan penyemprotan disinfektan di hari Senin pagi 10/5/2021. Usai memberikan sosialisasi dan waktu sudah menunjukkan pukul 01:30 Wib, Kades Apandi ajak warganya “Sahur Bersama”. Ternyata menu persiapan untuk “Sahur Bersama” pun Kades Apandi juga sudah mempersiapkannya. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *