Dalam Silaturrahmi DPC Demokrat Ke PC NU Banyuwangi, Akui Ada Kesamaan Program

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Rombongan jajaran Struktural Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Fraksi Partai Demokrat Banyuwangi. Dalam rangka bangun sinergi, Rabu 03/03/2021 silaturrahmi ke Kantor PC NU Banyuwangi.

Dalam silaturrahmi Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, SH didampingi oleh Ketua Fraksi PD Riccy AB, Sekretaris DPC Julisetyo Puji Rahayu, Bendahara Umum DPC Emy Wahyuni Dwi Lestari, Ketua KPP DPC Iwan Rudiyanto beserta Dewan Kehormatan dan Dewan Pertimbangan DPC Partai Demokrat Banyuwangi.

Kehadiran rombongan DPC Partai Demokrat di Kantor PCNU Kabupaten Banyuwangi mendapat sambutan positif dari ketua PC NU Banyuwangi KH. Ali Maki Zaini dan jajarannya.

Dalam forum silaturahmi tersebut Ketua PC NU Banyuwangi KH. Ali Maki Zaini atas nama PC NU merasa terhormat dengan kehadiran jajaran DPC Partai Demokrat Banyuwangi. Dikatakannya bahwa silaturrahmi tersebut bukan saja membangun hubungan lahiriah, melainkan yang terpenting saling menjalin hubungan batiniah. Ketua PC NU yang lebih akrab dengan panggilan Gus Maki akui ada satu titik kesamaan program antara Partai Demokrat dengan PC NU.

“Ada satu titik yang mempunyai kesamaan antara Partai Demokrat dan ormas PCNU yaitu ingin sama- sama berjuang menyelesaikan permasalahan di masyarakat bawah. Baik dari persoalan yang kecil sampai ke yang besar, agar supaya dapat mencarikan solusinya menuju kesejahteraan yang merata di Banyuwangi ini”, ungkap Gus Maki dalam sambutan penghormatannya.

Disambungnya dengan mengatakan, “Inilah fungsi Partai dalam hal ini Partai Demokrat. Jika kami menerima usulan dari masyarakat maka Partai Demokrat yang bisa mencarikan solusinya”, sambungnya.

Sementara KH. Masykur Ali sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Partai Demokrat Banyuwangi, dalam sambutannya uraikan. Bahwa NU itu berpihak pada kejujuran dan keadilan bukan berpihak pada kekuasaan dan kekuatan. Sekilas diceritakan selama perjalanan mengikuti dan mengenali soso Michael Edy Hariyanto. Ternyata meskipun Michael Edy Hariyanto bukan orang muslim tapi kulturnya adalah kultur NU sosialnya tinggi.

“Selama mengikuti perjalanan Pak Michael, ternyata kelihatan walaupun beliau bukan orang muslim, ternyata kulturnya adalah kultur NU sosialnya tinggi. Setelah saya melihat platfomnya bahwa Demokrat garis ideologinya Nasionalis Relegius. Itu jargonya sama dengan Kiyai Hasyim Ashari yaitu Hubbul Waton Minal Iman”, ujarnya.

KH. Masykur Ali sampaikan juga bahwa dirinya beserta par Kiyai lainya masuk kedalam Partai Demokrat bukan “Bim Salibim”. Namun masuk dengan catatan penguatan NKRI, penguatan Aswaja dan pemberdayaan ekonomi Pesantren. Dan sudah ada beberapa Pesantren yang akan jadi percontohan dan pertama kali akan direalisasikan. Maka dari itu sekali lagi KH. Masykur Ali tegaskan, para Kyai masuk Demokrat tidak “Bim salabim” tentu semuanya melalui Musyawarah dan Istiharoh.

Sementara Michael Edy Hariyanto, SH selaku Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi saat dikonfimasi menyampaikan. Bahwa Rombongan Partai Demokrat didampingi 10 (sepuluh) Kiyai, silaturrahmi ke PC NU. Pertama silaturrahmi karena ingin bangun sinergi dan ini untuk kali pertama ketika yang jadi ketua PC NU. Yang kedua kata Michael memperkenalkan kepengurusan Partai Demokrat yang baru termasuk dengan adanya 10 (sepuluh) Kiyai masuk ke jajaran Partai Demokrat. Yang ketiga, karena tergerak untuk memberikan bantuan kepada PC NU yang setidaknya bisa membantu sedikit-sedikit tiap bulan ke PC NU.

Ketika ditanya 10 Kiyai yang masuk Partai Demokrat sebagai apa, Michael menjelaskan bahwa yang 5 (lima) orang Kiyai berada pada posisi sebagai Dewan Pertimbangan yang diketuai oleh KH. Masykur Ali mantan Ketua PC NU, dan 5 (lima) orang Kiyai lagi sebagai Dewan Kehormatan yang diketuai oleh Kiyai Makhrus Ali.

“Jadi beliau-beliau ingin mendampingi kami supaya Partai Demokrat ini dalam perjuangannya benar-benar memikirkan rakyat Banyuwangi”, tegasnya.

Michael merasa sangat bersyukur dan berterima kasih yang telah diterima begitu ramah kehadirannya oleh Ketua PC NU dan jajarannya. Sehingga pertemuan silaturrahmi berjalan dengan lancar.

“Saya sangat takjub dengan program-program oleh PC NU Banyuwangi. Bahkan melebihi program-program partai yang ada di Banyuwangi ini. Saya melihat dari rekaman-rekama video bahwa program yang dilakukan oleh PC NU ada kesamaan dengan apa Partai Demokrat lakukan, yaitu tentang kesejahteraan”, ungkap Michael apresisasi program PC NU Banyuwangi.

Michael akui ada kesamaan program antara PC NU dengan Partai Demokrat yaitu bagaimana bisa membuat rakyat ini bisa hidup sejahtera dengan cara menggerakkan ekonomi rakyat. Untuk itu Michale tegaskan bahwa Partai Demokrat akan mensuppor program-program yang dilakukan oleh PC NU Banyuwangi.

Pada akhir pertemuanya, DPC Partai Demokrat Banyuwangi memberikan bantuan kontribusi setiap bulan kepada PCNU Kabupaten Banyuwangi. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bendahara DPC-PD Emy Wahyuni Dwi Lestari kepada salah satu pengurus PCNU.

“Walaupun nilainya kecil kami dengan senang hati bisa memberi bantuan kepada ormas terbesar di Banyuwangi ini,” tutup Michael. (ktb/r35)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *