Pemdes Singolatren & Warga, Benahi Tiang LPJU Yang Roboh Tersapu Angin Kencang

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Beberapa hari terakhir hujan disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Banyak mengakibatkan sarana penyangga saluran penerangan dan telcom awut-awutan.

Hal tersebut disebabkan karena sangking kecang dan kuatnya terpaan angin, ada juga yang karena tertimpa pohon tumbang. Satu contoh beberapa tiang Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang ada di Desa Singolatren. Tak luput dari amukan angin kencang tercabut pondasinya dan roboh. Pantauan media kejadian serupa di beberapa desa lain wilayah Kecamatan Singojuruh.

Demi lancarnya Penerangan Jalan Umum, hari ini Rabu 24/02/2021 Kepala Desa Singolatren Apandi bersama warga. Melakukan pembenahan kontruksi tiang LPJU juga cek pepohonan rawan tumbang di dusun-dusunnya.

“Semoga cuaca segera bersahabat mas, ini kumpung cuaca cerah saya bersama warga benahi pondasi tiang LPJU kemarin diterjang angin kencang”, tutur Kades Apandi.

Tambahnya, “Selain kita lakukan pembenahan tiang LPJU, hari ini saya bersama Kepala Dusun kontrol pepohonan di jalan dan lingkungan dusun-dusun yang rawan tumbang. Saya sarankan kepada warga yang punya pohon-pohon besar dekat rumahnya untuk dilakukan perempesan demi keselamatannya mas”.

Lebih lanjut Kades Apandi menyampaikan bahwa untuk pepohonan rawan tumbang yang ada di jalan Kabupaten dilaporkan ke Kecamatan. Dengan harapan Kecamatan menyampaikan kondisi tersebut ke Dinas PU untuk dilakukan perempesan. Karena menurut Kades Apandi Pemerintah Desa tidak ada kewenangan menangani pepohonan yang ada di kanan kiri jalan Kabupaten.

Dibenarkan oleh Camat Singojuruh Trisetia Supriyanto, S.STP.M.Si, Pemerintah Kecamatan menghimbau Pemdes untuk waspadai pepohonan yang besar-besar dan rawan tumbang di wilayah masing-masing. (r35)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *