Kopda Anton Simamora, Babinsa Tigasan Wetan Pastikan Stabilitas Desa Binaan melalui Komsos

  • Whatsapp

PROBOLINGGO,KABAROPOSISI.NET,- Sebagai Prajurit teritorial yang sering disebut sebagai Babinsa, Kopral Dua Anton Simamora sehari harinya berada ditengah tengah masyarakat seperti rekan-rekan Babinsa lainnya.

Anggota Koramil 0820/03 Leces ini, selalu ada bersama rakyat dan seluruh komponen masyarakat di Desa Tigasan Wetan dimana desa tersebut menjadi tanggung jawab pembinaan wilayah yang diembannya, karena sudah menjadi slogan bagi dirinya “Bersama rakyat TNI Kuat” Kopda Anton Simamora juga yang mengatakan “Rakyat adalah rohnya TNI”. Kalo kita mencermati slogan tersebut memang TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat, khususnya bagi satuan kewilayahan seperti Koramil 0820/03 Leces. Kamis, (21//1/2021)

Kopda Anton S selalu berusaha berada di tengah tengah rakyatnya dalam segala macam kegiatan baik yang berkaitan erat dwngan tugas pokok TNI atau tugas tambahan membantu Pemerintah Daerah seperti saat Pandemi Covid 19 ini dan kegiatan sosial lainnya.

Sebagai Prajurit yang sudah dibekali dengan pengetahuan ilmu teritorial yang cukup, banyak kegiatan yang dilaksanakan sebagai sarana pendekatan kita kepada masyarakat salah satunya adalah dengan cara “Komunikasi Sosial” atau Komsos. Prajurit teritorial harus mampu melaksanakan Komsos dengan baik. Komsos adalah sarana Komunikasi Prajurit dengan rakyatnya sehingga bisa mengetahui dan mengerti perkembangan yang terjadi di masyarakat dan bisa dijadikan sumber informasi perkembangan situasi diwilayah.

Hal seperti ini sudah biasa dilaksanakan oleh seluruh anggota Koramil 0820/03 Leces yang dipimpin oleh Perwira Muda, Letnan Dua Inf Joni disetiap hari harinya.

Dengan kegiatan Komsos kita langsung dapat bertemu dan bertatap muka dengan masyarakat jadi kita bisa mendengar lansung apa yang mereka sampaikan kepada kita. Dari situ kita bisa mendapatkan informasi sebagai pengumpulan data untuk kita sampaiakan kepada pimpinan. Segala permasalahan masyarakat dapat kita tampung bahkan tidak jarang kita dapat membantu menyelesaikan permasalahan mereka, sehingga rakyat merasa terbantu dengan kehadiran kita. Secara tidak langsung dengan Komsos dapat menambah kedekatan TNI dengan rakyat.

Saat Tim Pendim 0820 berkesempatan singgah di Koramil 0820/03 Leces dan mendengar arahan Letda Inf Joni saat mengambil apel selalu menekankan kepada anggota nya, khususnya para Babinsa harus selalu dekat dengan warga binaanya “ Sebagai Prajurit kewilayahan kita harus selalu hadir kepada mereka sehingga kita tau apa yang mereka keluhkan dan kita harus selalu baik baik dengan rakyat karena rakyat itu semua adalah saudara kita” demikian petunjuknya kepada semua anggota Koramil 0820/03 Leces.

Hal itupun tidak diangap main main oleh anggota Koramil 0820/03 Leces, dalam kegiatan setiap harinya disela sela tugas pokok siang ataupun malam hari Babinsa selalu ada ditengah tengah rakyatnya.

Saat Patroli malam hari setelah patroli para Babinsa tidak segan segan berhenti atau berkunjung ke rumah warganya hanya sekedar untuk berbincang bincang . semua lapisan masyaraka kita hampiri dengan tidak pilih kaya atau miskin dari pedangang, petani, buruh tani, semua kita kunjungi secara bergantian sehingga dari kegiatan ini banyak manfaat yang dirasakan antara lain masyarakat merasa keamanan lingkungannya terjaga dengan kehadiran TNI disetiap saat hadir secara fisik kepada mereka khusunya dimalam hari.

Apalagi disaat mendekati pemberian Vaksin Corona kepada masyarakatnya yang dihantui berita berita Hoax yang simpang siur seperti ini, Babinsa haruw hadir ditengah mereka untuk tampil dan memberikan penjelasan yang gamlang.
Dengan demikian secara tidak langsung rasa simpati rakyat kepada TNI akan tetap terjaga dan terpelihara yang akhirnya akan dapat tercipta kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang solid pungkasnya Letnan Joni, Komandan Koramil 0820/03 Leces
(Cakra393-Win)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *