LSM Macan Putih, Soroti Ruang IGD RSUD Belambangan Tiap Hujan Kebanjiran

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET | BANYUWANGI – Hujan deras hari Jumat 30/10/2020 bikin panik para pihak di Rumah Sakit Belambangan Banyuwangi karena karena kebanjiran. Terutama pada Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) sebagaimana disampaikan nara sumber kepada salah satu pentolan LSM Macan Putih.

Setiap terjadi hujan pasti mengalami kebanjiran dan membuat tak nyaman penghuni di lingkungan Rumah Sakit. Kejadian tersebut disoroti oleh beberapa pentolan LSM di Kabupaten Banyuangi yang menamakan LSM Macan Putih dibawah kamando Suparmin, SH. Kepada media Suparmin, SH menyampaikan bahwa yang kerap kali alami kebanjiran setiap hujan turun adalah Instalasi Gawad Darurat (IGD), Chat Lab (Ruangan Operasi Pemasangan Ring Jantung) dan lainnya.

Lanjutnya, apalagi Kamar Operasi belum lama selesai dibangun, seolah diduga ada yang kurang beres. Kondisi Rumah Sakit ada beberapa bagian yang rusak, rumah sakit tidak lagi sesuai standart kwalifikasi, keselamatan dan kenyamanan pasein juga pekerja tidak lagi dinomersatukan.

Atas kejadian ini Suparmin, SH mengatakan bahwa dirimya dan rekan-rekan lembaganya akan meminta konfirmasi ke pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi.

“Kami gabungan Lsm Macan Putih akn meminta konfirmasi kepada Dinas kesehatan
Dan inspektorat , atas kondisi RSUD Belambangan,
Hampir tiap hujan selalu kebanjiran ada apa ini. Pembangunan belum lama selesai. Perlu adanya klasifikasi kepada CV yang mengerjakan, karena selain harus ahli juga diperlukan klasifikasi khusus dalam pembangunan Rumah Sakit, karena erat kaitan dengan pelayanan, kenyamanan, yang berdampak pada sterilisasi Rumah Sakit dan psikis penghuni Rumah Sakit”, ungkapnya.

Lanjut pentolan LSM Banyuwangi menduga ada sistem atau layout yang salah dan belum diperbaiki, bahkan tidak dihiraukan keluhan penghuni Rumah Sakit (Pasein, Perawat, dan Dokter).

Masih papar Suparmin, dampak terburuk adanya penyebaran wabah baik dari air banjir yang masuk ke lingkungan Rumah Sakit dan air yang keluar dari Rumah Sakit,

“Bagaimana mengantisipasinya dan siapa yang menjamin keamanan air yang keluar dari rumah sakit, membahayakan warga sekitar Rumah Sakit. Ini analisanya, maka solusinya harus segera diperbaiki”, sergahnya.

Diketahui bahwa LSM Macan Putih adalah gabungan dari beberapa LSM di Banyuwangi antaranya terdiri dari LSM SOMASI yang diketuai Suparmin, SH, LSM BMW diketuai Slamet Wahyudi, LSM yang diketuai Agus Setiono, dan LSM Semilir diketuai oleh As’ad sendiri. Sementara sampai dilansirnya berita ini dari pihak RSUD Belambangang Banyuwangi diperoleh konfirmasinya. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *