PT. Petro Kimia Gresik Gelar Sarasehan Petani Dan Penyemprotan Bersama

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Peningkatan produksi pertanian menjadi penting untuk ketahanan pangan terlebih ei masa pandemi covid 19 yang belum berkesudahan ini. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan prosuksi pertanian PT. Petro Kimia Gresik gelar acara “Sarasehan Petani Dan Penyemprotan Bersama Phonska Oca” di Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi Senin 3/8/2020.

Dihadirkan dalam acara tersebut Camat Singojuruh, Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi, Para Penyuluh Pertanian Kecamatan Singojuruh, Kepala Desa Gumirih, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Gumirih, serta Kelompok Tani se desa Gumirih. Dalam hal ini PT. Petro Kimia Gresik memperkenalkab produk terbarumya yaitu pupuk organik Phonska Oca (Phonska Organik Cair). Demi aman covid 19, tim Petro Kimia juga terapkan protokol kesehatan kepada para tamu undangan yang hadir.

Bacaan Lainnya

Dedy perwakilan distributor pupuk untuk wilayah Kecamatan Singojuruh dalam penyampaiannya pada seputar ajakan kepada petani untuk menggunakan pupuk organik. Dengan harapan petani bisa meningkatkan produkai pertaniannya.

SPDP Wilayah Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi Farhan Mustofa dalam sambutannya menyampaikan. Bahwa kegiatan “Sarasehan Petani Penyemprotan Bersama Phonska Oca”, merupakan upaya dari Petro Kimia Gresik untuk mendukung ketahanan pangan di negara Indonesia. Yang mana intensifikasi pertanian merupakan salah satu strategi untuk menggenjot produktifitas tanaman pangan di tengah masa pandemi covid 19. Lanjutnya bahwa untuk mendukung peningkatan produksi tanaman pertanian khususnya Petro Kimia Gresik selalu berkonsentrasi selalu berinovasi menciptakan produk-produk yang diinginkan petani.

Camat Singojuruh Trisetia Supriyanto, S.STP.,M.Si pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Petro Kimia Gresik atas kerjasama dengan produk-produknya untuk meningkatkan produksi pertanian petani di wilayah Kecamatan Singojuruh. Camat Trisetia sedikit singgung soal covid 19 yaitu menyampaikan imformasi bahwa di wilayah Kecamatan Singojuruh ada warga yang terkonfirmasi positif covid 19 satu orang. Oleh karena itu Camat Trisetia menghimbau kepada para petani untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan dalam melakukan aktifitas pertanian kesehariannya.

Perwakilan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyuwangi Adi Koordinator Ketahanan Pangan wilayah Singojuruh. Awali sambutannya dengan menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Kepala Dinas, karena ada rapat mendadak di Dinas Pertanian. Adi mengajak kepada para petani walau berada pada masa pandemi covid 19 tidak henti-hentinya meningkatkan produksi pangan. Diharapkan dengan keberadaan produk Phonska Oca dari PT. Petro Kimia Gresik. Bisa menjadi terobosan baru dapat mengganti Phonska yang sudah ada sebelumnya dan bisa lebih menghemat biaya produksi pertanian oleh petani. Dikatakan juga bahwa solusi menjaga ketahanan pangan di Banyuwangi adalah meningkatkan produksi pangan salah satunya petani dihimbau untuk menggunakan pupuk organik.

Kepala Desa Gumirih Mura’i Ahmad, SE.,SH awali dengan mengurai luasan area pertanian yang ada di desanya. Dikatakannya bahwa luasan hamparan area pertanian di desa Gumirih seluas 482 hektar paling luas haparannya di wilayah Kecamatan Singojuruh. Mura’i sebut petani di desanya adalah pejuang ketahanan pangan. Petani bukan hanya sebagai penonton atau saksi tetapi sebagai pelaku langsung di bidang pertanian. Mura’i klaim dirinya tidak akan jadi apa-apa tanpa perjuangan petani di desanya. Sudah terlalu sering sponsor produk pertanian masuk ke desa Gumirih, tapi setelah itu dibiarkan tidak dibimbing. Mura’i berharap kepada PT. Petro Kimia petani di desanya tidak hanya jadi kelinci percobaan promosi produk. Tapi harus ditindak lanjuti dengan pembinaan dan bimbingan agar jadi petani yang unggul dan mampu meningkatkan produksi pertanian demi ketahanan pangan di bumi Belambangan.

Dipenghujung acara Rahmad Hidayat dari tim Petro Kimia Gresik perkenalkan dan paparkan tentang produk baru Petro Kimia yaitu Phonska Oca (Phonska Organik Cair). Dijelaskan bahwa Phonska Oca ada kandungan NPK nya dan Mikroba Tanah yang berfungsi untuk menyuburkan tanah. Ditegaskan oleh Rahmad ketika berbicara tentang penggunaan pupur organik maka ada dua hal penting. Semakin sering menggunakan pupuk organik maka semakin berkurang menggunakan pupuk kimia karena tanahnya sudah subur dan hemat biaya. Sebaliknya bila semakin lama tidak pernah pakai pupuk organik maka semakin banyan menggunakan pupuk kimianya dan artinya biaya lebih banyak.

Usai acara selanjutnya dilakukan kegiatan penyemprotan pakai Phonska Oca bersama secara simbolis. Dan para petani yang hadir diberi Phonska Oca secara gratis oleh tim dari Petrao Kimia Gresik. (r35/ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *