Jelang New Normal Bagaimana Dengan Pasar Wit-Witan Yang Rindu Pengunjungnya ?

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Siapa yang tidak kenali Pasar Wit -Witan yang berada di Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Keberadaannya viral di medsos karena keistimewaannya baik dari segi tempat maupun ragam sajian kulinernya. Tak ayal bila Pasar Kuliner yang buka pada setiap hari Minggu itu membludak pengunjungnya.

Sayangnya suasana menyenangkan itu tidak berlangsung lama, menyusul ditetapkannya penyebaran Virus Corona (Covid-19) menjadi bencana nasional. Pasar Wit-Witan untuk sementara waktu aktivitasya dihentikan demi mendukung upaya Pemerintah cegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang disebut dengan istilah social distancing.

Pantauan media Senin 08/06/2020 Pasar Wit-Witan Alasmalang kini bermuram durja rindukan pengunjungnya yang biasanya setiap hari Minggu datang. Terlihat lapak-lapak sepertinya ada yang perlu perawatan atau perbaikan bila harus dibuka kembali.

Salah satu pelapak di Pasar Wit-Witan Susilo Wibisono saat dikonfirmasi menyampaikan,

“Saya mungkin juga para pelapak sangat berharap aktivitas di pasar wit-witan dibuka kembali. Semoga dengan diberlakukannya New Normal di Banyuwangi nanti, pasar wit-witan direkomendasi untuk bisa beraktivitas lagi tentunya kami juga harus mengikuti SOP protokol kesehatan mas”, harapnya.

Harapan yang sama disampaikan oleh Kepala Desa Alasmalang Hadi Surigo saat ditanya apakah tidak ada keinginan Pasar Wit-Witan dibuka kembali ?, “Tentunya ada” jawabnya. Ketika ditanya apakah bila Pasar Wit-Witan setelah dibuka Pemerintah Desa siap mengikuti Protokol Kesehatan ?, “Bentar mohon petunjuk Pak Camat dulu”, jawabnya singkat.

Sementara Camat Singojuruh Trisetia Supriyanto, S.STP.,M.Si dikomfirmasi memberikan keterangannya,

“Masih menunggu arahan dan petunjuk dari Pemkab mas..”, kata Camat via WahtsApp-nya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi MY Bramuda merespon adanya keinginan pelapak Pasar Wit-Witan Alasmalang bisa berkativitas kembali menyampaikan,

“Nanti setelah tanggal 14 kita lakukan verivikasi, Sekarang sudah bisa menyiapkan SOP untuk kesiapan buka. Koordinasikan dengan Camat setempat”, ungkapnya.

Keinginan pelapak agar Pasar Wit-Witan Alasmalang yang juga bagian dari wisata kuliner itu timbul selain karena alasan sumber pendapatan. Juga sehubungan beredar kabar akan diberlakukannya New Normal di Banyuwangi. (rh35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *