Program Kampung Tangguh Disiapkan Untuk Menjawab Kegiatan New Normal

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net (Banyuwangi)

Kampung Tangguh Semeru Dusun Wijenan Kidul Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Senin 01/06/2020 Kampung Tangguh Semeru Dusun Wijanan Kidul Desa Singolatren terima kunjungan Kapolresta bersama Pejabat Utama (PJU) Polresta Banyuwangi.

Menyambut kehadiran para petinggi Polresta Banyuwangi Jajaran Forkopimka diantaranya Camat Singojuruh Trisetya Supriyanto, Kapolsek Singojuruh Iptu Abd. Rohman beserta anggota, Danramil 0825/13 Singojuruh Letda Cba Wailik dan anggota. Terlihat juga Kepala Puskesmas Singojuruh Supriyadi Bintoro dan Anggota DPRD Banyuwangi Fraksi PDI-Perjuangan dari Dapil 2 Salimi.

Kepala Desa Singolatren Apandi selaku pemangku wilayah Pemerintahan Desa bersama unsur Tiga Pilar dan jajarannya sambut kehadiran Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin di Kampung Tangguh Semeru yang terletak di Dusun Wijenan Kidul. Sunaryo Adi Prayitno selaku Ketua Kampung Tangguh dan seluruh Pengurus Kelompok Tangguh Semeru mendampingi dalam penyambutan Kapolresta Banyuwangi beserta rombongan.

Luar biasa, Kampung Tangguh Semeru Dusun Wijenan Kidul benar-benar terapkan prsosedur SOP Protokol Kesehatan dalam menerima kunjungan orang yang berkunjung ke lingkungan Kampung Tangguh. Termasuk Kapolresta Banyuwangi sebelum memasuki lingkungan terlebih dahulu dimohon menuju Pos Pok Tangguh Keamanan untuk dimintai keterangan data indentitas, riwayat perjalanan, membaca SOP, dan dilakukan tes Termogan oleh petugas. Setelahnya barulah Petugas mempersilahkan Kapolresta memasuki lingkungan Kampung Tangguh Semeru pintu gerbang pun dibuka oleh Linmas.

Sebagai bentuk penghormatan Kapolresta oleh Kades Apandi dimohon menerima dan kenakan kalungkan karangan bunga, udeng adat Kampung Tangguh sekaligus dimohon berkenan memotong pita. Selanjutnya dengan tetap menjaga social distancing Kepala Desa Apandi ajak Kaporesta masuk lingkungan Kampung Tangguh yang mana harus melewati bilik steril yang sudah tersendia semprotan disinfektan. Berikut Pejabat Utama (PJU) Polresta Banyuwangi dan Forpimka Singojuruh dan yang lainnya menyusul dengan tetap menjaga social distancing (jaga jarak).

Kapolresta bersama PJU kunjungi tiap-tiap Kelompok Tangguh (Pok Tangguh) diantaranya Pok Tangguh Informasi, Pok Tangguh Logistik, Pok Tangguh SDM, Pok Tangguh Pemulasaran Jenazah, Pok Tangguh Budaya, Pok Tangguh Agama, Pok Tangguh Kesehatan, Pok Tangguh Psikologi, Pok Tangguh Transportasi, dan Pok Tangguh Perekonomian. Pantauan media Kapolresta memberikan apresiasi atas segala kesiapan Kelompok Tangguh Semeru yang ada di Dusun Wijenan Kidul Desa Singolatren.

Lanjut Kapolresta beserta rombongan beramah tamah bersama warga keluarga besar lingkungan Kampung Tangguh Semeru. Kapolresta sempatkan waktu sebentar berikan kenang-kenangan kepada Kepada Kampung Tangguh Semeru yang diterima oleh Apandi Kepala Desa Singolatren.

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Singolatren Apandi mengucapkan terima kasih atas kehadiran jajaran Polresta Banyuwangi. Ucapan terima kasih atas apresiasi Kapolresta setelah dilakukan tinjauan pada Pos-Pos Pok Tangguh. Dan berikut Kades Apandi mohon binaan serta bimbingan dari Polresta agar Kampung Tangguh Semeru bisa benar-benar jadi Tangguh baik dalam masa pandemi maupun tidak dalam masa pandemi Covid-19.

Sementara Kapolresta dalam ramah tamahnya awali sambutannya dengan menyampaikan,

“Yang pasti keberadaan Kampung Tangguh Semeru Dusun Wijenan Kidul Desa Singolatren menjadi posistif dan jadi percontohan di Kabupaten Banyuwangi”, mukadimahnya.

Lanjut Kapolresta menjelaskan bahwa Kampung Tangguh memang disiapkan untuk menjawab kegiatan yang disebut New Normal, atau kehidupan baru dengan tetap memegang prosedur Protokol Kesehatan.

Kapolresta juga mengatakan, hasil kegiatan di Kampung Tangguh Semeru Dusun Wijenan Kidul ini akan dilaporkan ke Gugus Tugas Provinsi Jawa Timur dan di Jakarta. Dengan harapan kegiatan tersebut bisa menjadi Pilot Project setelah dilakukan cek mulai dari pos depan Pok Tangguh Keamanan adanya pengecekan pada orang yang akan masuk dengan teliti dan terapkan SOP Protokol Kesehatan sampai pada Pok Tangguh-Pok Tangguh yang lain disebutnya sudah sangat bagus.

Atas nama panitia pelaksana kegiatan Kampung Tangguh Kapolresta mengucapkan terima kasih dengan adanya kegiatan Kampung Tangguh di Desa Singolatren. Dan dikatakan dalam waktu dekat akan ajak Forkopimda untuk mengunjungi Kampung Tangguh di Dusun Wijenan Kidul Desa Singolatren untuk melihat sehingga bisa membandingkan dengan dusun-dusun yang lain.

“Karena kegiatan ini sifatnya memang secara nasional serentak dan Ibu Gubernur telah mencanangkan di seluruh Jawa Timur menyiapkan Kampung Tanggu. Dan alhamdulillah desa Singolatren sudah memulai dengan menyiapkan berbagai kegiatan di Kelompok Tangguh yang memang saya nilai sangat baik. Sehingga nantinya bisa menjadi icon yang juga bisa mengangkat nama desa juga Kecamatan. Dan ini merupakan pilot project yang sangat positif sehingga bisa menjawab dari pada New Normal yang dicanagkan pemerintah”, lanjutnya.

Diakhir penyampaiannya Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengungkapkan,

“Ini adalah sebagai salah satu bentuk bahwa kita sebagai warga negara yang baik mencari akar permasalahan dan menyelesaikan permasalahan dengan cara yang baik pula”, pungkasnya.

Acara kunjungan Kapolresta bersama PJU Polresta Banyuwangi berakhir ditandai dengan penampilan tari Gandrung sebagai bentuk penghormatan. Dan selanjutnya rombongan Polresta bergeser ke Dapur Umum kegiatan ibu-ibu PKK Desa Singolatren menimkati kuliner khas Desa Singolatren yaitu “Geseng Menthok”. (rh35/ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *