Timkes Puskesmas Tulungrejo Jemput Bola Turun Ke Rumah Warga

  • Whatsapp

Banyuwangi kabaroposisi.net, _ Mengagumkan apa yang dilakukan oleh Tim Kesehatan Puskesman Desa Tulungrejo yaitu Sahri dan Yuli. Jumat 18/10/2019 terpantau media mereka sedang dari pintu ke pintu datangi rumah warga.

Salah Satu Pendataan di Rumah Warga

Kebetulan kali ini bepapasan dengan media lagi melakukan pendataan dan cek kesehatan warga Dusun Salamrejo Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore Banyuwangi.

Penasaran dan apresisasi terhadap apa yang dilakukan oleh Timkes Puskesmas Tulungrejo yaitu Sahri dan Yuli. Yang karena kepeduliannya terhadap kesehatan warga, jemput bola sampai ke wilayah pedalaman sekalipun. Kepada media Sahri menjelaskan.

“Kegiatan ini dimulai sejak tahun 2017, program ini kita namakan program Pispeka ( Progaram Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga ). Artinya dalam hal ini petugas kesehatan turun langsung ke rumah warga. Melakukan pendataan dan cek kesehatan, yang mana ada 12 indikator yang kami data mas,” jelasnya.

Dalam progran Pispeka ( Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga ) tersebut Sahri mengaku bahwa dirinya kebetulan selaku Supervisor sekaligus Surveyor. Dalam tugasnya Sahri dibantu oleh Yuli. Adapun dari 12 indikator yang didata diantaranya disebutkan terkait air bersih, jamban, kepemilikan kartu BPJS/Kartu Sehat, faktor penyakit ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), Darah Tinggi, penyakit menukar TBC Paru, pertumbuhan Bayi dari sejak dilahirkan dan seterusnya.

Menurut Sahri bahwa setelah data awal masuk di entry di online yang mana akan muncul IKS (Indeks Keluarga Sehat). Dari situlah akan ketahuan atau terpantau perkembangan kesehatan di masing masing RT. Yang selanjutnya petugas akan menindaklanjuti lagi dan melakukan koordinasi dan musyawarah dengan para pihak terkait untuk mengambil langkah preventip atau tindakan lebih jauh dalam penanganannya. (rdy).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *