Keanekaragaman Bhinneka Tunggal Ika Dalam HUT Ke 28 SMPN 5 Jombang

Kabaroposisi.net | Jombang – Karnaval Seni dan Budaya Nusantara dengan tema “Melalui HUT Ke 28, SMP Negeri 5 Jombang tetap berbudaya di era Globalisasi.” Dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Kabid SMP Kabupaten Jombang, Kepala Sekolah SMPN 5 Jombang, segenap guru dan staf SMPN 5 Jombang, Komite sekolah, dan seluruh murid SMPN 5 Jombang. Sabtu (21/01/2023)

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Syafa Efendi, mengatakan sangat apresiasi pelaksanaan pawai budaya dalam rangka HUT SMPN 5 Jombang yang ke 28.

“Dan banyak terdapat implementasi kebhinekaan dalam kegiatan ini. Salah satunya, yang digambarkan melalui keberagaman pakaian tradisional atau adat dari para siswa siswi, termasuk juga, beberapa seni dan kreatifitas. Mulai dari pakaian hingga spanduk yang dikenakan peserta, itu menggambarkan kreatifitas dan keberagaman,” ujar Syafa.

Lanjutnya, hal ini sesuai dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka

“Dengan menggali makna serta nilai pendidikan apa yang digambarkan, maka karakter peserta didik dapat terbangun dan otomatis penerapan pelaksanan pembelajaran Kurikulum Merdeka juga terbangun,” terangnya.

Ditempat sama, Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Jombang, Kurniadi, menambahkan bahwa kegiatan hari ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT.

“Melalui karnaval ini, diharapkan bisa menggali potensi siswa siswi sekaligus membangun karakter nasionalisme, kebersamaan serta percaya diri,” ungkap Kurniadi.

Lanjutnya, kegiatan pawai budaya diikuti oleh 856 peserta didik dengan mengenakan pakaian adat di seluruh nusantara.

“Semoga peringatan pawai budaya ini, SMP Negeri 5 Jombang mendapatkan tempat serta kepercayaan di hati masyarakat dengan meningkatkan prestasi lebih baik lagi,” pungkas Kepala Sekolah Kurniadi yang baru dua minggu menggantikan Yuniardi Nurrohmad.(sap)

 54 total views,  4 views today

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *