PEMERINTAH DESA TUNGGULSARI ADAKAN MUSRENBANGDES GUNA SERAP ASPIRASI MASYARAKAT DALAM RANGKA RKPDESA DAN RKPD KABUPATEN TAHUN 2024

KABAROPOSISI.NET|Tulungagung, -Dalam Rangka menyerap aspirasi masyarakat Pemerintah Desa Tunggulsari, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbanng) Desa , Kamis (19/01/2023).

Acara yang digelar di Pendopo Balai Desa Tunggulsari, tersebut diadakan pada malam hari. Selain dihadiri Kepala Desa Tunggulsari beserta perangkat juga dihadiri Ketua BPD, LMD , Kasi Pemerintahan Kecamatan Kedungwaru, Bhabinkamtibmas, Babinsa, DPMDes ,Kepala Dusun , Ketua TP-PKK,Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Tokoh Agama , Ketua RT/RW dan Pendamping Desa, Tokoh masyarakat serta Karang Taruna Desa Tunggulsari.

Bacaan Lainnya

Acara Musrenbang tersebut dibuka oleh Kepala Desa Tunggulsari, Didik Girnoto Yekti dalam rangka membahas dan menyepakati usulan RKPDesa dan RKPD Kabupaten tahun 2024.

Kepala Desa mempersilahkan kepada wakil-wakil kelompok, tokoh masyarakat serta unsur-unsur terkait yang menghadiri rapat ini secara terbuka menyampaikan pendapat atau usulannya guna di musyawarahkan untuk menjadi rencana kerja pemerintah desa di tahun anggaran 2024 atau menjadi daftar usulan Musrenbang Kecamatan di tahun 2024.

Menurut Didik Musrenbangdesa merupakan perencanaan pembangunan desa yang dilaksanakan setiap tahun untuk membahas, mengkaji, menentukan dan menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP-Desa), tahun anggaran yang direncanakan dengan melibatkan seluruh elemen Masyarakat yang berkepentingan yang ada di desa.

Didik mengatakan, “Diharapkan kepada masyarakat Tunggulsari bisa bekerjasama memberikan gagasan pembangunan yang tepat guna. Baik dari segi pembangunan, pendidikan, pertanian, kesehatan, bahkan ekonomi mikro.”

Dalam kesempatan itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Kedungwaru, Fauzan menyampaikan bahwa diadakannya musyawarah ini adalah untuk menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada perencanaan tahun anggaran yang akan datang dan menyepakati tim delegasi desa yang akan menjadi wakil dalam delegasi musrenbang tingkat kecamatan.

Kepala Desa Tunggulsari dalam kesempatan Rapat RKPDesa dan RKPD Kabupaten 2024 tersebut juga melaporkan tentang penyelenggaraan pemerintahan desa tahun anggaran 2024 dan memaparkan arah kebijakan pembangunan desa untuk menjawab usulan juga aspirasi masyarakat yang disampaikan sebelumnya

Adapun hasil Musyawarah tersebut disepakati dan diputuskan bersama Program Skala Prioritas pembangunan Desa Tunggulsari untuk Tahun 2024 tersebut diantaranya

Pembangunan Balai kemasyarakatan, Pembangunan Gedung TK, Jalan Usaha Tani – Ketahan Pangan, Pavingisasi, Saluran Drainase, Penanggulangan stunting (Posyandu Balita), Posyandu Lansia, Posyandu remaja, Posbindu, Imunisasi , Pendampingan Catin, Bumil, Buasi serta Pelatihan kewirausahaan.(Yd)

 56 total views,  2 views today

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *