Azril Siswa SMPN 1 Jombang Sabet Juara 1 Turnamen Catur Piala PIONMAS

Kabaroposisi.net | Jombang – Klub Catur Pionmas Jombang kedua kalinya mengadakan lomba catur tingkat Sekolah Dasar (SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dihadiri Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Jombang Rhendra, Wasit Nasional Pungky Wahyu Febrian, Wasit Pairing lomba catur Siti Lilik Mas’ulah, segenap panitia Club catur Pionmas dan peserta lomba catur tingkat SD dan SMP se kabupaten Jombang. Bertempat di Aula I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Jombang. Minggu (22/01/2023).

Wasit Nasional olahraga catur Pungky Wahyu Febrian ketika dikonfirmasi sejumlah media menyampaikan lomba catur diadakan se Kabupaten Jombang untuk mencari bibit atlit catur unggul.

“Sehingga atlit tersebut bisa diprediksikan mampu mengikuti perlombaan ke tingkat lebih tinggi, yakni ke tingkat provinsi, bahkan nasional,” ujar Pungky.

Lanjutnya, lomba catur diikuti sebanyak 157 peserta, terdiri dari 91 atlit catur jenjang SMP dan 57 atlit jenjang SD.

“Peserta lomba catur yang pegang buah putih diharapkan bisa menyediakan peralatan catur, sedangkan pertandingan catur menggunakan sistim Swiss manager 7 babak melihat peserta,” terang Pungky yang juga sebagai pelatih Nasional olahraga catur ini.

Ditempat sama wasit pairing lomba catur piala Pionmas Jombang Siti Lilik Mas,ulah wasit nasional Pratama dan juga Pelatih Nasional menyampaikan, penentuan juara menggunakan sistim Swiss manager.

“Sedangkan Penentuan Juara Pertama berdasarkan Match Point tertinggi, kedua bila sama ditentukan dengan Direct Encounter, ketiga jika masih sama ditentukan dengan Buchholz (BH), dan Bilamana masih sama ditentukan dengan Sonneborn Berger (SB). Terakhir bila masih sama ditentukan dengan Progressive Score (PS),” ucap Lilik.

Perlu diketahui, Klub Catur Pionmas Jombang , di Awal tahun 2023 tidak hanya mengandalkan lomba catur, akan tetapi juga mengadakan pelatihan dasar bermain catur, untuk pelatihan dasar bermain catur akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Pebruari 2023 yang rencananya diikuti oleh guru SD dan guru SMP.(sap)

 92 total views,  6 views today

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *