Hasil Survei: Partai Demokrat Pilihan Publik Berada Diposisi Kedua.

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Partai Demokrat yang lagi digandrungi oleh masyarakat khususnya kaum melenial dan juga terbukti melalui berbagai kegiatan turun menyapa masyarakat. Baik kegiatan sosial, ekonomi dan berikan bantuan kepada korban bencana alam. Kini menurut hasil salah satu Lembaga Survei Partai Demokrat mengalami perubahan kenaikan yang signifikan sebagai Partai Politik pilihan Publik urutan kedua setelah PDI Perjuangkan.

Sudah barang tentu, kenaikan tingkat kesukaan masyarakat terhadap Partai Demokrat meningkat, karena Partai Demokrat lah yang selalu turun menyapa masyarakat. Hal ini semua dilakukan atas arahan dan instruksi serempak ke seluruh kader Partai oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disaat melakukan safari atau kunjungan ke tingkat daerah, Kabupaten/kota.

Dirilis oleh Lembaga survey Magna Charta Politika hasil survey terkini. Dari hasil survei tersebut, Partai Demokrat menempati posisi kedua sebagai partai politik pilihan publik atau masyarakat.

Sedangkan untuk posisi pertama, diduduki oleh Partai Politik PDI Perjuangan. Direktur Kajian Magna Charta Politika Wildan Ramadhan Wijaya mengatakan, dari hasil survei tercatat PDI Perjuangan dengan elektabilitas 17,8 persen dan  posisi kedua Partai Demokrat elektabilitasnya mencapai 14,3 persen.

“Untuk posisi ketiga ditempati oleh Partai Gerindra yang mengalami penurunan dan elektabilitasnya menjadi  10,8 persen,” kata Wildan Ramadhan Wijaya dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Terdapat 2.000 responden yang diambil secara acak dengan margin of error 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei juga mencatat, posisi keempat atau posisi selanjutnya setelah Gerindra ditempati oleh Partai NasDem dengan elektabilitas 8,1 persen, diikuti oleh Partai Golkar 7,8 persen, lalu PKS 7,6 persen,serta  PKB 4,3 persen, dan PAN 2,3 persen.

“Sementara untuk Partai PPP elektabilitasnya hanya 1,9 persen. Untuuk parpol di luar parlemen secara keseluruhan mendapatkan dukungan elektabilitas 6,8 persen dan responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 18,5 persen,” kata Wildan.

Melihat hasil survei dari sosok atau calon yang diusung partai politik, Anies mendapatkan elektabilitas 19,7 persen, diikuti Prabowo Subianto 16,8 persen, serta AHY 11,9 persen, dan Ganjar Pranowo 11,7 persen.

Nama calon yang diusung partai politik lainnya yakni Airlangga Hartato mendapatkan dukungan 5,2 persen. Sementara Sandiaga Uno mendapat dukungan 3,5 persen, diikuti Ridwan Kamil 2,2 persen, Puan Maharani 2,1 persen, Erick Tohir 0,7 persen, dan Khofifah 0,6 persen.

Survei juga mencatat yang belum menentukan pilihan sebanyak 25,3 persen. Hasil ini diperoleh dari survei Magna Charta Politika yang dilakukan pada 3 hingga 10 Januari 2023 dengan mengambil populasi warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum. Untuk sampel survei yang diambil dilakukan di  34 provinsi.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto.SH.MH  menyampaikan, bahwa hasil survei tersebut tentu saja merupakan efek positif kepercayaan publik terhadap Partai Demokrat.

“Kenapa saya bilang begitu, Ya.. karena kita seluruh kader Partai bergerak dan bekerja keras turun keba masyarakat dengan gerakan sosial dan menyapa masyarakat. Seperti dimasa masa covid 19 dulu, hingga sekarang kita rutin turun kebawah melakukan gerakan baik bantuan sosial, ekonomi dan salurkan bantuan kepada korban bencana alam,” ungkap Michael.

Michael pun berharap kepada kader Demokrat khususnya di kabupaten Banyuwangi agar tetap semangat berjuang turun ke bawah, sapa dan serap aspirasi masyarakat. Dan sampaikan kepada masyarakat bahwa Partai Demokrat Partainya Rakyat, Partai yang berkoalisi dengan Rakyat,” harapnya. (ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *