Pemdes Pakistaji Hadirkan Wakil Ketua DPRD Michael Edy Hariyanto, SH.,MH Dalam Musrenbangdes

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Pemerintah Desa Pakistaji gelar Musyawarah Perencanaan Pembagunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan RKPDes Tahun 2023 dan Daftar Usulan RKPDes Tahun 2024 Senin 28/11/2022. Tema Musrenbangdes “Percepatan Pembangunan Ekonomi Inklusif Dan Berkualitas Yang Diakselerasi Oleh Infrastruktur Tematik Pariwisata Dalam Mendukung Kawasan Ekonomi Strategis”.

Selain unsur Perangkat, unsur Lembaga Pemerintahan Desa dan para stakeholder setempat, Dalam Musrenbangdes kali ini Pemerintah Desa Pakistaji dihadiri juga oleh Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, SH.,MH, Camat Kabat Bibit Widiatmoko.

Bacaan Lainnya

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan laporan Ketua Panitia Penyelenggara Musrenbangdes oleh Sekdes Pakistaji. Dalam laporannya Sekdes selaku Penyelenggara menyampaikan seputar dasar hukum digelarnya Musrenbangdes berikut siapa-siapa saja peserta yang terlibat.

Kades Pakistaji Chotibul Umam dalam sambutannya setelah salam penghormatan kepada para hadirin awali dengan menyampaikan. Bahwa dirinya selaku Kepala Desa bangun komonikasi baik dengan Michael Edy Hariyanto selaku Wakil Ketua DPRD. Karena menurut Kades Umam Michael orangnya baik dan selalu respon terhadap apa yang dikeluhkan untuk kepentingan pembangunan di Desanya.

Sekilas digebernya pernah mendapatkan bantuan untuk LPJU, Pavingisasi dan lain-lain. Tegas Kades Umam Michael selaku Anggota Dewan setiap tahun dipastikan memberi bantuan untuk masyarakat Desa Pakistaji.

Berikut kata Kades Umam kenapa Musrenbangdes di Desanya mengundang Wakil Ketua DPRD (Michael), supaya tahu bagaimana kondisi di Desa Pakistaji. Jadi alasan pula kata Kades karena Michael Edy Hariyanto seorang Anggota sekaligus Wakil Ketua DPRD Banyuwangi yang sangat konsen terhadap pembangunan Desa. Karena bagaimanapun juga kata Kades Umam, dalam sistem ketatanegaraan Republik Indonesia, Pemerintah Desa adalah ujung tombak. Yang mana Pemerintah Desa adalah bagian dari Pemerintah yang langsung berhadapan dengan masyarakat dengan segala dinamikanya.

Sambutan berikut yang biasanya setelah Kepala Desa adalah dari unsur Pemerintah Kecamatan (Camat), mengingat Michael Edy Hariyanto harus hadiri kegiatan di Tegaldlimo, maka diberi kesempatan berikan sambutan terlebih dulu.

Michael awali sambutannya menyampaikan terima kasih atas undangan dari Pemerintah Desa Pakistaji. Michael mengaku justru sangat senang diundang oleh Pemerintah Desa kalau untuk berbicara masalah kepentingan masyarakat. Karena Michael menyadari adalah tugas DPR memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Michael berharap kepada peserta Musren, ke depan kalau Musren lagi jangan hanya soal bangunan-bangunan saja yang diusulkan. Tapi usulkan anggaran untuk kegiatan-kegiatan pemberdayaan meningkatkan ekonomi. Tegas Michael bukan tidak penting bangunan tapi tak kalah penting adalah bagaimana ekonomi masyarakat bergerak supaya bisa hidup sejahtera.

“Musrenbang ke depan saya harap jangan soal bangunan saja yang diusulkan, tapi usulkanlah anggaran untuk kegiatan yang bisa menggerakkan ekonomi, jangan bangunan saja, tapi bangunlah kesejahteraan masyarakatnya. Percuma jalan mulus, bangunan bagus di sana-sini, tapi masyarakat hidupnya banyak yang susah karena tidak punya kegiatan yang bisa menghasilkan uang”,  harap Michael.

Karena harus hadiri undangan kegiatan masyarakat di Tegaldlimo, Michael mempersilahkan masyarakat sampaikan apa yang diinginkan melalui Musrenbangdes. Hasilnya seperti apa dan apa saja yang diusulkan, Kepala Desa diminta untuk memberikan informasi kepada dirinya. (r35/ktb)

 96 total views,  2 views today

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *