Gerakan Pengendalian OPT Wereng Batang Oleh Dinas Pertanian Kabupaten Jombang 

Kabaroposisi.net | Jombang. Dinas Pertanian Kabupaten Jombang melalui petugas Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) melakukan Gerakan Pengendalian OPT wereng batang coklat di lahan milik Kelompok Tani Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Senin (29/8/2022).

Koordinator POPT Kabupaten Jombang, Sutami, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan produksi gabah pada musim kemarau 2022. Karena dampak dari perubahan iklim tahun 2022, tergolong iklim basah atau lanina yang berdampak pada perubahan agro-ekosistem, sekaligus mempengaruhi perkembangan OPT.

“Dalam penanggulangan serangan OPT tanaman pangan, terutama tanaman padi, Dinas Pertanian Kabupaten Jombang telah melakukan upaya gerakan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) khususnya wereng batang coklat. Di mana pelaksanaan dilakukan secara serentak di beberapa kecamatan,” ujar Sutami. 

Lanjutnya, Kegiatan gerakan pengendalian OPT wereng batang coklat, melibatkan seluruh anggota kelompok tani yang di koordinir oleh Ketua Kelompok Tani, PPL serta POPT dengan bantuan sarana pengendalian insektisida dari Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, maupun Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur.

“Gerakan pengendalian OPT dilaksanakan pada daerah yang dicurigai sebagai sumber serangan, sehingga dengan dilakukan gerakan pengendalian OPT sedini mungkin maka diharapkan OPT tidak menyebar.

Dan semoga dengan terkendalinya OPT pada tanaman padi, membuat program ketahanan pangan dapat tercapai,” pungkasnya. (sap)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *