Koordinator Puskesmas & Korwilker Satdik Singojuruh, Kolaborasi Vaksinasi Sasar Siswa SD

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Perluas cakupan vaksinasi, Tim Kesehatan Puskesmas Singojuruh kolaborasi dengan Korwilker Satdik Kecamatan Singojuruh lakukan kegiatan vaksinasi. Artinya Tim Kesehatan Singojuruh dibawah komando Koordinatornya H. A. Kundori mulai sasar siswa-siswi tingkat SD/MI yang ada di wilayah Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi.

Terpantau hari ini Selasa 21/12/2021 Tim Kesehatan Puskesmas Singojuruh lakukan vaksinasi pada siswa-siswi di SDN 1 dan 2 Kemiri. Mengawal kegiatan vaksinasi tersebut Korwilker Satdik Singojuruh Supriyadi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Kemiri (Serka Hiyamudin dan Aiptu Didik Sudarmanto, SH).

Kegiatan Vaksinasi kali ini tentu tidak mudah sebagaimana kegiatan Vaksinasi sebelumnya karena sasarannya adalah orang-orang dewasa. Untuk Vaksinasi pada anak-anak SD para guru juga Tim Vaksinator harus pandai-pandai merayu agar anak-anak mau divaksin. Namun setelah ada satu dua anak yang berhasil disuntik Vaksin tidak merasakan sakit, akhirnya yang lain ngikut meski kadang ada harus dalam pelukan bapak/ibu gurunya karena takut.

Korwilker Satdik Singojuruh Supriyadi saat dikonfirmasi kepada awak media menyampaikan.

“Kami berharap vaksinasi bisa menyeluruh, karena dalam kondisi pandemi sekarang ini vaksinasi satu-satunya solusi agar bapak/ibu guru bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan baik. Artinya pembelajaran tidak terbatas lagi, bisa dilakukan secara tatap muka langsung dalam rangka capaian pembelajaran. Karena guru selain mengajar juga mendidik bagaimana membangun karakter pada anak-anak dan tatap muka antara guru dengan murid mutlak dibutuhkan dalam pembelajaran”, tuturnya.

Lanjut ia menginformasikan untuk di Singojuruh anak-anak SD yang sudah di usia 12 tahun (Kelas VI) banyak yang sudah menerima suntik vaksin, hampir mencapai 80 %. Sementara yang 20 % sisanya belum tervaksin karena usianya masih dibawah 12 tahun. Namun sejak beberapa waktu ini Vaksinasi sudah bisa dilakukan pada anak usia 6 tahun ke atas, maka semuanya akan segera divaksin.

Sementara jumlah siswa-siswi SD ditambah MI di Kecamatan Singojuruh kurang lebih 4200. Korwilker Satdik berharap ketersediaan Vaksin untuk anak-anak SD dan MI untuk Kecamatan Singojuruh dioptimalkan. Sehingga ketika memasuki ditahun ajaran semester dua atau maksimalnya tahun ajaran baru siswa-siswi SD dan MI di Kecamatan Singojuruh sudah tuntas divaksin.

H. A. Kundori dalam konfirmasinya awali denganĀ  mengatakan bahwa untuk pembelajaran tatap muka sesuai dengang instruksi Kemendagri sudah diperbolehkan. Apalagi di Kabupaten Banyuwangi kasus positif covid – 19 sudah nol dan ada di level 1 (satu). Untuk itu agar vaksinasi pada anak sekolah terutama SD diawali dengan kita lakukan pendataan di semua sekolah yang ada di Kecamatan Singojuruh kolaborasi dengan Korwilker Satdik.

“Untuk vaksinasi pada anak-anak SD kita awali dengan pendataan kolaborasi dengan Korwilker Satdik Pak Pri. Karena sebelumnya sudah banyak anak SD yang usianya 12 tahun sudah disuntik vaksin”, ucapnya.

Untuk target sukses vaksinasi pada anak-anak SD/MI di Singojuruh, H. A. Kundori harapannya sama dengan Korwilker Satdik. Yaitu bagaimana vaksinasi untuk anak SD juga MI segera tuntas di Kecamatan Singojuruh. Hanya untuk saat ini di Kabupaten Banyuwangi masih kekurangan vaksin dosis Sinovac dan nunggu droping.

“Kita yang jelas masih nunggu droping, untuk itu saya selaku Koordinator Puskesmas Singojuruh terus berupaya mendapatkan vaksin baik dari Dinkes maupun di Polresta. Mudah-mudahan tidak lama mungkin ahkir Januari kita tuntas kegiatan vaksinasi untuk anak-anak setingkat SD di Kecamatan Singojuruh” optimisnya.

Salah satu dewan guru mengaku senang dengan adanya kegiatan Valsinasi pada anak didiknya. Curhatnya, “Kami para guru yang kelas rindu sekali dengan anak-anak pak, semoga saja Vaksinasi ini sukses dan pandemi segera berakhir supaya kami bisa melaksanakan tugas mengajar dengan baik untuk anak-anak pak”, curhatnya. (r35).

 28 total views,  2 views today

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.