Bantuan Pengembangan Desa Wisata Magetan di Resmikan Menteri Desa PDTT

KABAROPOSISI.NET | Magetan – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar meresmikan bantuan sarana dan prasarana (sarpras) pengembangan objek wisata sebagai upaya mendukung desa wisata di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Gus Menteri, sapaan akrab Mendes PDTT, di Magetan, Sabtu, mengatakan percepatan pembangunan desa dan pedesaan merupakan salah satu fokus program prioritas dan pemulihan percepatan ekonomi nasional dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Kemendes PDTT juga terus meningkatkan bantuan bagi pengembangan desa di seluruh Indonesia di tahun 2021.

“Yang menjadi ikon percepatan pemulihan ekonomi nasional ini adalah desa wisata yang dikelola oleh Bumdes. Contohnya kali ini, kita mendukung pengembangan objek wisata di Desa Genilangit dengan melengkapi fasilitas wisata seperti kafe ini,” ujar Gus Menteri saat meresmikan Genilangit Coffee.

Menurut dia, bantuan sarpras di desa wisata tersebut bertujuan untuk mempercepat kemandirian desa melalui peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung dan kapasitas pelaku wisata dalam rangka pengembangan industri wisata di desa.

Sesuai data, bantuan sarana dan prasarana untuk mendukung pengembangan objek wisata di desa wisata tersebut secara total diberikan kepada sebanyak 160 desa se-Indonesia. Desa-desa tersebut mendapatkan bantuan variatif. Yakni, ada yang diwujudkan gazebo, jalan, gedung kesenian, kios, “homestay”, toilet, dan kafe.

Adapun di Kabupaten Magetan, bantuan diberikan di satu desa wisata, yaitu Desa Genilangit yang diwujudkan dalam bentuk kafe dengan nama Genilangit Coffee. Bantuan sarpras tersebut untuk mendukung taman wisata Genilangit.

Selain itu, Kemendes PDTT juga telah menyiapkan aplikasi khusus untuk dikelola oleh Bumdes atau pihak ketiga yang menjelaskan secara detail objek wisata bersangkutan. Dalam aplikasi tersebut di dalamnya terdapat foto-foto desa wisata dan didukung dengan dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan Inggris yang tentunya untuk menarik wisatawan asing.

Bupati Magetan Suprawoto berterima kasih kepada Kemendes PDTT yang telah mendukung program pengembangan desa wisata di Kabupaten Magetan.

“Kami ucapkan terima kasih atas segala perhatian dan bantuan Menteri, khususnya di Desa Genilangit, Magetan. Kami berharap mudah-mudahan menular di tempat lain dan memberikan nilai tambah yang muaranya memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat,” kata Bupati Suprawoto.

Ia berharap dengan bantuan sarpras yang diberikan oleh pemerintah pusat tersebut, semakin mendongkrak keberadaan desa wisata Genilangit dan meningkatkan kunjungan jumlah wisatawan di daerahnya.

Peresmian bantuan sarana dan prasarana pengembangan objek wisata di Genilangit tersebut juga dihadiri oleh Bupati Ponorogo, Perwakilan Kabupaten Madiun, Pacitan, kepala OPD terkait, serta undangan lainnya.
(Pri99/Dera)

 16 total views,  2 views today

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.