Wakil Bupati Apresiasi Kursus Orientasi Pembina Prasiaga Guru PAUD Kwarran Sempu, Disebutnya “Ini Baru Pertama Kali”

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Bertempat di Gedung PGRI Korwilker Satdik Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi Sabtu 27/11/2021. Berlangsung upacara pembukaan kegiatan “Kursus Orientasi Pembina Prasiaga Guru PAUD Kwarran Sempu Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyuwangi”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kwarcab Bayuwangi Kak H. Sugirah, S.Pd., M.Si (Wakil Bupati Banyuwangi), Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Kak Drs. Zen Kastolani, M.Si, Wakil Ketua Binawasa Kak Suratno, S.Pd., M.Pd (Kadisdik Banyuwangi), Kamabirin Kwarran Sempu Kholid Askandar (Camat Sempu), Kapolsek Sempu Iptu Karyadi, SH (Anggota Mabiran), dan Danramil Sempu Letda Cba Wailik (Anggota Mabiran).

Setelah salam kebangsaan laporan oleh Panitia penyelenggara kegiatan disampaikan oleh Nurdamai, S.Pd selaku Kwarran yang notabene Korwilker Satdik Sempu. Dalam laporannya Nurdamai, S.Pd awali dengan dasar hukum dilaksanakannya kegiatan diantaranya 1. UU No. 12 Thn 2010 Tentang Gerakan Pramuka, 2. Buku Saku panduan Prasiaga Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2019, 3. Merujuk PP No. 87 Thn 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter, 4. Hasil Rapat Pengurus PKG PAUD Sempu dengan Pengurus Kwarran Sempu 6 September 2021, 5. Buku Panduan Prasiaga PAUD Tahun 2019.

Adapun maksut dilaksanakan Kursus Orientasi memberikan pengalaman kepada Guru PAUD untuk mengenal tentang kepramukaan. Tujuan diharapkan setelahnya mengenal nilai-nilai kepramukaan melalui pengembangan karakter, fisik, kecakapan dan kemampuan berbuat kebaikan. Dapat membina di satuan PAUD dan. Mendapat kelayakan sebagai pembina Pramuka Siaga. Diteruskan menjelaskan tentang siapa sasaran, sumber dana, jumlah peserta, dan waktu pelaksanaan.

Sementara Tema yang diangkat : “Dengan kegiatan kursus orientasi kepramukaan tahun 2021 menjadikan Pembina Prasiaga yang sehat, cerdas, dan ceria”. Motto kegiatan adalah “Aku bangga menjadi Pembina Pramuka Indonesia yang berkarakter”. Dengan semboyan “Pramuka Cerdas” yang dimaksut adalah : Cerdas cepat mengambil keputusan secara tepat dan arif bijaksana, Cerdas dimaksut adalah : Cerdas dalam menentukan siasat belajar, Etos belajar tinggi, Rajin, riang dan ramah, dedikasi tinggi, Aspiratif dalam perkembangan ilmu pengetahuan, dan santun dalam bergaul.

Berikut oleh yang bertugas dibacakan SK Rekomendasi kegiatan dan Surat Tugas kepada Kakak-Kakak yang diberi sebagai pelatih diantaranya Kak Kari, Kak Dur, Kak Samijo, Kak Laily, Kak Say, dan Kak Slamet. Kursus Orientasi Pembina Prasiaga Guru PAUD tersebut akan berlangsung selama 2 hari.

Kamabirin Kwarran Sempu Kholid Askandar (Camat Sempu) dalam sambutannya awali dengan menyampaikan. Bahwa semua Kakak-Kakak Pramuka yang ada di wilayah Kecamatan Sempu adalah keluarga besar dalam program “Gentong Seribu” (Gerakan Sedekah Seribu Rupiah). Yang mana dari kegiatan “Gentong Seribu”, bisa berbagi peduli kemiskinan kepada warga yang sangat membutuhkan. Camat Sempu sehubungan dengan kegiatan Kursus Orientasi tidak terlalu banyak yang disampaikan. Hanya membawakan pantun sebagai bentuk support penyemangat peserta Kursus dan insan Pramuka.

Ka. Kwarcab H. Sugirah, S.Pd., M.Si (Wakil Bupati Banyuwangi) dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Kursus Orientasi yang dilaksanakan oleh Kwarran Sempu, disebutnya “ini baru yang pertama kali di Banyuwangi” dilaksanakan. Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan kepada Camat Sempu yang dengan inovasinya yang peduli pada upaya pengentasan kemiskinan dengan kegiatan “Gentong Seribu-nya”.

Banyak hal yang disampaiakan oleh Wakil Bupati kepada peserta Kursus Orientasi, yang mana pada bagian akhir terkutip kalimat mengatakan bahwa tentang keilmuan ada di Pramuka, Seni ada di Pramuka, dan tentang keagamaan juga ada di Pramuka. H. Sugirah juga singgung soal empat pilar yang akan membuat kokoh kehidupan di dunia diantaranya disebutkan. Pertama dengan ilmunya ulama, kedua adilnya penguasa, ketiga kedermawanan orang kaya, dan ke empat doanya fakir miskin.

Setelahnya H. Sugirah selaku Ka. Kwarcab berkenan membuka kegiatan Kursus Orientasi Pembina Prasiaga Guru PAUD Kwarran Sempu, ditandai dengan “menancapkan sebuah Kapak pada batang pohon Kelapa”. Dilanjutkan dengan penyerahan bendera tunggul latihan dan penyematan tanda peserta Kursus. Kegiatan pun ditutup dengan doa dan sebelum ramah tamah bersama dilakukan penanaman pohon Pule oleh Ka. Kwarcab H. Sugirah, S.Pd., M.Si (Wakil Bupati). (r35).

 10 total views,  2 views today

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar