Pilkades Sumbersari, Kemenangan Untuk Incumbent, Dominasi Unggul Suara Di 10 TPS

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi hari ini 17 November 2021 gelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 8 (delapan) Desa di 7 (tujuh) Kecamatan. Dari 8 (delapan) Desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) diantaranya Desa Kedunggebang, Gambiran, Tegalarum, Buluagung, Sumbersari, Sumberanyar, Jelun, dan Licin.

Terpantau awak media salah satunya pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Sumbersari Kecamatan Srono. Mungkin mengingat masa pandemi antisipasi terjadinya kerumunan warga dalam jumlah yang besar. Maka Panitia gelar pemungutan suara di tiap Dusun terbagi sebanyak 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pemungutan suara yang digelar sedari pukul 07:00 Wib dan ditutup pukul 13:00 Wib tersebut, berjalan lancar dan aman terkendali. Hasil pemungutan suara selanjutnya dihitung di tiap-tiap TPS. Berikut hasilnya perhitungan dari tiap TPS dilaporkan ke Sekretariat Panitia Pilkades yang berkantor di Kantor Desa untuk dilakukan rekapitulasi. Yang mana baik kotak suara dan semua properti pendukungnya dibawa ke Sekretariat oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dengan pengawalan dan pengamanan ketat petugas (Linmas, Polisi, dan TNI).

Selanjutnya Panitia mempersilahkan kepada tiap KPPS untuk melaporkan hasil pemungutan dan penghitungan suara di TPS masing-masing dengan disaksikan oleh para saksi calon. Dan untuk Pilkades Sumbersari akumulasi hasil penghitungan suara, Calon No. Urut : 2 atas nama Drs. KHAMDAN calon incumbent sebagai pemenangnya dengan perolehan 2910 suara, disusul Calon No. Urut : 1 atas nama KUSWORO, S.Pd dengan perolehan 2635 suara, dan Calon No. Urut : 3 atas nama ISWANTO dengan perolehan 199 suara.

Diketahui dari hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh Panitia di Skretariat berdasarkan plano dari tiap-tiap TPS. Penentu kemenangan calon incumben No. Urut : 2 Drs. KHAMDAN dari sebanyak 17 TPS mendominasi keunggulan perolehan suaranya di sebanyak 10 TPS. Sementara Calon perolehan suara terbanyak ke dua yaitu No. Urut : 1 KUSWORO, S.Pd dominasi keunggulan suara di sebanyak 7 TPS. Sehingga hanya terjadi selisih suara sebanyak 275 suara untuk kemenangan Calon No. Urut : 2 Drs. KHAMDAN.

Sementara diketahui Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa Sumbersari sebanyak 7.396 pemilih tetap, hak pilih yang masuk ke sebanyak 17 TPS yang ada 5.806 hak suara. Dengan demikian pada Pilkades Sumbersari Kecamatan Srono tingkat kehadiran pemilih 78,8 %. Sebanyak 50,7 % terserap oleh Calon No. Urut : 2 Drs. KHAMDAN, 45,9 % untuk Calon No. Urut : 1 KUSWORO, dan 3,5 % untuk Calon No. Urut : 3 ISWANTO.

Mulai dari proses pemungutan suara di tiap TPS hingga penghitungan suara baik di TPS maupun rekapitulasi di Skretariat Panitia Pilkades Sumbersari. Smentata terpantau berjalan lancar dan aman tanpa suatu permasalahan atau kendala apapun. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *