Persiapan Pengisian Air Di Waduk Randugunting, Genangan Mencapai 147 Ha

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET|Blora, – Pekerjaan waduk Randugunting dipercepat dari jadwal, berencana yang nanti tanggal 22 November segera di lakukan pengisian awal air dalam waduk. Hari ini Rabu 10/11/2021 sosialisasi terkait pengisian air pertama dalam waduk (Impounding)

Terkait penyuluhan impounding memberikan informasi lebih awal kepada masyarakat sekitar waduk agar masyarakat bisa mengantisipasi lebih dini.

Bacaan Lainnya

Mohammad Arifin PPK bendungan I, BBWS Pemali Juana ini mengatakan kegiatan ini memberikan informasi lebih awal terkait pengisian awal air waduk Randugunting agar masyarakat lebih waspada mungkin ada berapa hal seperti hewan hewan berbahaya karena dengan pengisian ini akan keluar dari habitatnya,” ungkapnya

Terkait pekerjaan lebih awal selesai yang dilakukan pihak ketika M. Arifin menyampaikan semua tahapan dilakukan, termasuk pengisian awal air ini juga dalam pantauan ketika lolos akan ada sertifikasi, dan juga nanti ketika pengisian dan penuh air akan ada juga sertifikasinya jadi untuk mengantisipasi bersama,” ungkapnya

Lebih lanjut soal manfaat waduk Randugunting ini M. Arifin menghimbau kepada masyarakat serta pemerintah daerah agar memanfaatkan untuk wisata yang nanti spot akan dibantu pihak balai besar wilayah sungai Pemali Juana, ini penting nanti ada alat alat yang langka dan harganya mahal tidak rusak agar pemantauan waduk ini bisa maksimal.

” Seperti Karaba tidak diperbolehkan sesuai dengan UU 17 tahun 2019 tentang sumber daya air, peraturan menteri PUPR no 27/PRT/M/2012 tentang Bendungan, kalo di tembari benih ikan untuk memancing bisa,” terangnya ketika diwawancarai mediakabaroposisi secara langsung.

Sementara itu Samgautama Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blora dalam wawancaranya langsung dengan awak media ini terkait waduk Randugunting menerangkan, ” yang jelas Kabupaten Blora mendapatkan air baku, tempat wisata, dan jalan cor dari jalan propinsi japah – Todanan ke Waduk Randugunting desa kalinanas lumayan bagus, ”

Sosialisasi Impouding Waduk Randugunting

Ditanya terkait pekerjaan yang lebih cepat selesai ini apakah pengurangan pekerjaan, ” tidak pengurangan pekerjaan apalagi ini waduk g mungkin ada pengurangan pekerjaan,” tandasnya untuk pengawasan PUPR tidak melakukan pengawasan ini pekerjaan propinsi kabupaten hanya koordinasi saja, seperti kegiatan sekarang ini,” ucap Kadin PUPR Kabupaten Blora.

Perlu di ketahui dengan pengisian air waduk Randugunting pada bulan November 2021 muka air naik mencapai NWL di elevasi +94.27 yang diperkirakan terjadi nanti pada tanggal 21 Juni 2022, luas area genangan 1.469.512,13 m² ( 147 ha ) dan volume tampungan mencapai 3,2 juta m³. (GaS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *