AHY Sapa Kyai & Santri Banyuwangi di Acara Puncak Gebyar Peringatan Maulid Nabi & Hari Santri Nasional.

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Bertempat di Pondok Pesantren Ibnu Sina Jalen Setail Genteng Kabupaten Banyuwangi pada Minggu malam 24/10/2021. Berlangsung acara Puncak Gebyar Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 dan Hari Santri Nasional (HSN).

Sebelumnya kegiatan tersebut diawali dengan digelarnya lomba-lomba oleh Partai Demokrat bersama Forum Komunikasi Kyai Langgar (FOKKAL) Banyuwangi. Minggu malam itulah Gong acaranya digelar sekaligus penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba.

Menjadi sebuah kehormatan bagi pemenang lomba karena di moment tersebut bisa bertatap muka langsung dengan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak yang juga selaku Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur didampingi Ketua Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Reno Zulkarnain, anggota DPRD Provinsi Jatim Fraksi Demokrat dr. Agung Mulyono. Lebih istimewa lagi semua santri terutama pemenang lomba, disapa dan menerima ucapan selamat langsung dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melalui virtual.

Menjadi semakin sejuk suasana dengan kehadiran banyak Kyai dan tokoh agama lain berikut ratusan santriwan-santriwati. Niscaya keberadaan semua fungsionaris dan pejabat Partai Demokrat mulai dari Dewan Pertimbangan dan Dewan Kehormatan DPC Partai Demokrat, Struktural DPC, DPAC dan Kader yang berjibaku dengan keluarga besar Pesantren racik kegiatan-kegiatan hingga puncaknya.

Acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Alqur’an oleh Qorik Cilik Yasmin Najma Faliha putri dari Gus Muh. Lanjut paduan suara menyanyikan lagu Kebangsaan, Yalal Waton, dan Mars Partai Demokrat oleh Muslimah dari Kecamatan Tegaldlimo. Sebagai secercah pencerahan hati Panitia undang hadirkan penceramah KH. Ir Wahyudi untuk memberikan tauziah di acara tersebut.

Ketua Panitia Penyelenggara KH. Syaifuddin Zuhri dalam penyampaiannya, lomba-lomba dalam rangka peringati Maulid Nabi dan Hari Santri digelar. Merupakan perwujudan atau manivestasi dari Partai Demokrat bersama Forum Komunikasi Kyai Langgar untuk lebih memperhatikan prestasi dan kemajuan kaum satri yang ada di Banyuwangi.

KH. Ir Wahyudi dalam tauziahnya menekankan agar dalam prilaku hidup baik sebagai ummat maupun warga negara bahkan jadi pemimpinpun untuk mentauladani jiwa kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. Yang menarik penyampaian KH. Ir Wahyudi adalah bahwa kuwalitas seorang pemimpin terlihat ketika sedang diberi masalah. Digambarkan kepada hadirin Nabi Muhammad telihat kuwalitas kenabian dan alhlaqnya ketika diberi masalah.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak yang juga Ketua DPD Partai Demokrat sebelum sampaikan kata sambutannya. Berkenan menyerahkan hadiah secara khusus kepada 6 pemenang lomba Juara 1 (satu). Sementara hadiah untuk Juara 2 (dua), 3 (tiga) sampai harapan 1(satu) dan 2 (dua) sudah diserahkan oleh Ketua DPC Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH, Ketua Dewan Pertimbangan KH. Maskur Ali, Ketua Dewan Kehormatan KH. Machrus Ali, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Banyuwangi Ricky Antarbudaya, dan Ketua FOKKAL KH. Syaifudin Zuhri.

Setelah salam penghormatan kepada hadirin, Emil Dardak menyampaikan ucapan selamat “Hari Santri Nasional”. Emil sebut santri adalah masa depan bagi pembangunan bangsa dan negara. Sedikit disinggung bahwa SantriĀ  punya rekam jejak harum dan membanggakan setelah adanya resolusi jihat yaitu andil besar dalam merebut Kemerdekaan Indonesia. Selaku Ketua DPD Partai Demokrat Emil sampaikan dihadapan para Kyai yang hadir. Bahwa Kader Demokrat berkomitmen dalam pengabdiannya kepada masyarakat juga pemerintahan. Untuk selalu istiqomah berjalan dibawah tuntunan para ulama’, sebagai wujud bersatunya ulama’ dengan umaro’.

Puncak acara yang ditunggu-tunggu yaitu sambungan langsung Virtual dengan Ketua Umum Partai Demokrat AHY pun. Yang mana sekilas terkutip melalui virtualnya AHY mengaku sangat senang bisa menyapa para Kyai dan Santri di Banyuwangi. Sehingga meski melalui virtual AHY mengaku merasa dekat dihati dengan warga Banyuwangi terutama para Kyai dan Santri. Dan atas nama keluarga besar Partai Demokrat AHY mengucapkan “Selamat Hari Santri Nasional”.

AHY apresiasi terhadap para Kyai dan ulama’ di Banyuwangi, yang disebutnya luar biasa atas perjuangan dan pengabdiannya. Yang telah menjaga nilai-nilai fungsi islam dan juga memilik dedikasi terus membangun karakter kepribadian para santriwan santriwati yang diharapkan menjadi pejuang-pejuang sekaligus generasi bangsa yang tumbuh hari dan masa depan.

AHY juga katakan betapa penting makna dan hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, dan Hari Santri Nasional, untuk mengenang serta menauladani apa yang diajarkan oleh Rosulullah Saw. Sekaligus mengingatkan kita semua betapa pentingnya peran besar santriwan dan santriwati dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Yang selanjutnya diharapkan santriwan santriwati juga berperan dalam pembangunan bangsa ke depan.

AHY juga mengapresiasi dengan keberadaan Forum Komunikasi Kyai Langgar (FOKKAL) yang diinisiatori oleh Ketua DPC Partai Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH. AHY juga apresiasi Michael selaku Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi yang telah berjuang bersama kader-kadernya. Terus menyapa masyarakat dengan kegiatan-kegiatannya terutama membangun kedekatan dan hubungan dengan para Ulama’ dan para Santri di Banyuwangi. Bahkan melalui kesempatan tersebut AHY katakan bahwa apa yang dilakukan oleh DPC Demokrat Banyuwangi bisa dilakukan di Provinsi Jawa Timur dan seluruh Indonesia. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *