Risma Tegaskan Akan Bantu Rawat Makam Bung Karno

  • Whatsapp
Risma menabur bunga di makam Sang Proklamator

KABAROPOSISI.NET|Blitar, – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menegaskan pemerintah pusat akan membantu pemerintah daerah di Blitar, Jawa Timur, dalam perawatan area Makam Presiden Pertama Indonesia, Soekarno di Kelurahan Bendogerit, agar lebih baik.

“Sejak diresmikan di tahun 1979, makam Bung Karno belum pernah mendapatkan perawatan dan pemeliharaan. Karenanya kami di Kementerian Sosial yang juga mempunyai kaitan dalam kepahlawanan melakukan perawatan bersama pemda,” kata Mensos Risma di Komplek Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Sabtu (23/10).

Bacaan Lainnya

Mensos mengatakan keikutsertaan pemerintah pusat dalam pemeliharaan taman makam pahlawan itu dilakukan demi membantu pemerintah daerah, sebab jika tugas pemeliharaan makam hanya dilakukan oleh pemda, akan terasa berat.

Kunjungan Risma di makam Bung Karno

“Kami akan membantu daerah dalam pemeliharaan dan penataan taman makam pahlawan supaya tidak terlalu membebani pemerintah daerah. Sehingga ke depan makam bagi para pahlawan diharapkan menjadi lebih baik dan terawat,” kata Mantan Wali Kota Surabaya tersebut.

Mensos Risma melakukan ziarah di Makam Bung Karno. Setelah ziarah, ia juga langsung meninjau sejumlah fasilitas di area makam tersebut.

Mensos juga meneliti setiap jengkal bangunan untuk memastikan kebutuhan apa yang diperlukan untuk memperbaiki fasilitas Makam Bung Karno. Pada beberapa titik, Mensos menginstruksikan pengelola makam untuk melakukan pembenahan.

“Pak ini perlu adanya lampu agar menjadi lebih terang, kemudian lantai juga digosok agar  mengkilap. Di pohon juga dikasih lampu di beberapa titik,” ujar Mensos Risma kepada pengelola makam.

Risma di Makam Bung Karno

Sebelum ke Makam Bung Karno di Blitar, Mensos juga sempat mengunjungi Makam Pahlawan Nasional Tjut Nyak Dhien di Sumedang, Jawa Barat, serta Makam Pahlawan  Bung Hatta di Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta.

Menurut Mensos keberadaan makam para pahlawan yang jauh dari tempat asal menjadi prioritas untuk pemeliharaan.

“Sebelum ke sini saya juga mengunjungi Makam Pahlawan Nasional Tjut Nya Dien di Sumedang. Alhamdulilah bersih dan terawat karena Pemda Sumedang sangat perhatian,” kata Risma. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *