Musrenbangdes Karangbendo Hujan Tepuk Tangan, Apresiasi Kontribusi Anggota DPRD Dapil 2

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net.|BANYUWANGI – Rabu malam 22/9/2021 Pemerintah Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Gelar Musyarwarah Perencanaan Pembangunan Desa dalam rangka Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2022 dan Daftar Usulan RKPDes Tahun Anggaran 2023.

Dihadirkan dalam Musrenbangdes Karangbendo selain semua unsur perwakilan dusun, tokoh, dan lembaga. Camat Rogojampi diwakili oleh Sekcamnya, Ketua BPD, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Menjadi semakin segar suasana agenda tahunan tersebut dengan kehadiran salah satu anggota sekaligus pimpinan DPRD Banyuwangi dapil 2 dari Fraksi Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH.

Kades Karangbendo Budiharto dalam sambutan penghormatannya sampaikan bahwa selama masa pandemi covid-19, pembangunan infrastruktur di desa Karangbendo nyaris tidak ada. Karena semua anggaran dialihkan untuk penanganan covid-19. Namun kata Kades, Pemerintah Desa berupaya cari terobosan agar bisa membangun infrastruktur tanpa melalui anggaran DD dan ADD.

Sehingga didapatlah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Sanitasi Desa (Sandes), Pokir-pokirĀ  dari Anggota DPRD dapil 2. Dan tanpa basa-basi Kades Budiharto akui kontribusi paling banyak masuk ke desa Karangbendo Pokir dari anggota DPRD Fraksi Demokrat Michael Edy Hariyanto, SH mencapai 1,5 Milyard.

“Saya akui ada kontribusi dari partai politik lain ke Desa Karangbendo, dan ini wajib hukumnya saya sampaikan ada dari Nasdem dan juga dari PDI-P. Tetapi kontribusi paling banyak untuk pembangunan di Karangbendo beberapa tahun ini dari Pak Michael partai Demokrat senilai 1,5 milyar”, cetusnya tanpa basa-basi tepuk tangan peserta pun penuhi ruang forum.

Karena itu Kades Budi kepada peserta Musren minta keberadaan pimpinan DPRD Michael Edy Hariyanto, SH di Musrenbangdes. Sebagai kesempatan untuk menyampaikan apa yang jadi keinginannya untuk kemajuan desa Karangbendo ke depan.

Dikesempatan itu, Michael Edy Hariyanto, SH selaku anggota juga salah satu pimpinan DPRD dari dapil 2 sapa peserta Musren awali dengan mengatakan.

“Sebenarnya jam sekarang ini saya harus sudah berangkat ke Surabaya, tapi karena ini Musrenbangdes di desa saya sendiri. Saya hadiri undangan Pak Kades Karangbendo”, awalinya.

Michael juga apresiasi atas kepemimpinan Bupati Ipuk, karena punya gagasan dalam agenda Musrenbangdes, tidak hanya dibahas perencanaan tahun anggaran sekarang 2022 saja, tetapi rencana kegiatan pembangunan ke depan tahun 2023 juga sudah dibahas. Setidaknya ada gambaran apa saja yang akan dikerjakan Pemkab Banyuwangi ke depannya.

Sedikit guyonan Michael singgung soal dukungan suara warga Karangbendo pada pemilu hanya 400 an tidak sampai 10 %. Tapi itu tak masalah kata Michael, dirinya tetap merasa bersyukur karena dukungan warga Karangbendo juga bisa jadi anggota bahkan jadi salah satu pimpinan di DPRD. Lanjut Michael tegaskan bahwa kehadirannya di Musren bukan untuk 400 suara warga yang mendukungnya, melainkan untuk semua warga Karangbendo karena sudah sandang sebutan sebagai Wakil Rakyat.

“Sebelum saya jadi anggota DPR semua orang panggil saya Bos karena saya pengusaha, tapi sejak saya jadi anggota DPR saya bukan lagi Bos tetapi sebagai kulinya rakyat, kulinya njenengan semua, dan rakyat jadi Bos saya sekarang. Dan saya sebagai wakil rakyat harus bisa menyenangkan Bos saya yaitu rakyat yang saya wakili. Oleh karena itu mumpung masih ada waktu 3 tahun, manfaatkan saya wakil njenengan ini”, tegas Michael lagi-lagi tepuk tangan meriah goda telinga.

Mengejutkan lagi, Michael saat itu juga janjijakan alokasikan Pokirnya untuk tahun 2023 senilai 500 juta. Dan berikan peluang kepada peserta Musren sampaikan usulan lewat forum tersebut yang tidak bisa dikafer di Musren. Dan minta kepada Kades Budiharto untuk menginventarisir usulan-usulan termasuk prioritaskan kepentingan para pengasuh Pondok Pesantren yang ada di Desa Karangbendo.

Banyak hal yang Michael sampaikan sebenarnya, salah satu kebiasaan tentang pendidikan politik. Michael berpesan ke depan berharap warga Karangbendo tidak main-main dengan politik. Pilihlah anggota DPR dari partai manapun asal yang baik orangnya dan benar-benar mau memikirkan semua warga Karangbendo tidak hanya memikirkan pendukungnya saja. Soal Covid 19 Michael sarankan agar tetap patuhi protokol kesehatan sebagaimana dianjurkan Pemerintah.

Sekcam Rogojampi Edy, sampaikan bahwa kehadirannya di Musrenbangdes selaku mewakili Camat, selaku Sekcam, selaku gugus tugas Kecamatan, dan selaku Koordinator PBB. Kepada Pemerintah Desa Karangbendo dan hadirin, Sekcam berterima kasih atas terselenggaranya Musrenbangdes Karangbendo malam itu.

Disampaikannya bahwa Musrenbangdes adalah agenda tahunan hanya sekarang sedikit berbeda dibatasi yang hadir karena kondisi covid 19. Dihimbaunya untuk tetap waspada dan jalani protokol kesehatan dengan baik. Diharapkan juga apa yang diusulakan peserta lewat Musrenbangdes pada hal-hal skala prioritas. Soal PBB Sekcam Edy tekankan agar Desa Karangbendo optimalkan pemasukannya. Sekcam Edy pun apresiasi dan sangat berterima kasih atas kontribusi yang luar biasa dari anggota DPRD Michael Edy Hariyanto, SH.

Acara intipun yaitu Musrenbangdes digelar dan pelaksanaan pembahasannya dibagi sesuai kelompok-kelompok bidang kegiatan yang jadi skala prioritas program terutama ditekankan pada masalah pemberdayaan. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *