KUA SEMEN GANDENG MWC NU SEMEN GELAR PELATIHAN PENENTUAN ARAH KIBLAT

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.|KEDIRI – Kantor Urusan Agama Kecamatan Semen gandeng MWCNU Semen untuk menggelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat. Pelatihan ini diselenggarakan hasil kerjasama epik antara KUA Kec.Semen dan MWC NU Kec.Semen.selasa 21/09/21

Peserta pelatihan dihadiri oleh 20 orang peserta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, cuci tangan, tes suhu badan, pakai masker dan menjaga jarak antar peserta.

Peserta terdiri 12 orang dari yang merupakan Perwakilan Ranting NU tiap desa, 8 Orang Penyuluh Agama Islam dan Jajaran KUA semen.

Acara dimulai pukul 09.00 Wib diawali dengan Pembacaan Ayat suci Alquran, Sambutan dari Ketua MWC NU sekaligus Ketua Panitia, Sambutan Kepala KUA dan Doa.

Dalam sambutannya, Ketua MWC NU Kec.Semen H. Arif Efendi, S.Sos mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada KUA Semen yang telah mengajak kerjasama menyelenggarakan acara ini, dan kepada peserta yang telah berkenan hadir.
Beliau berharap kedepan kerjasama semacam ini akan bisa dilaksanakan lagi.

Bapak Kepala KUA Semen, M.Rizal Zakaria, S.HI, M.H menyampaikan hal senada, beliau berharap pasca pelatihan ini akan lahir kader pengukur arah kiblat sehingga masjid, musholla dan makam sekecamatan semen dapat disertifikasi arah kiblatnya.

Kepala KUA semen menambahkan, karena pentingnya Arah kiblat dalam ibadah sholat dan penguburan jenazah, maka peserta harus benar benar memperhatikan dan menguasai materi dengan sangat baik agar dapat diaplikasikan di daerah masing masing.

H.Agus Salim, S.Ag, M.H sebagai pemateri menyampaikan metode Aulatis yang merupakan metode sederhana namun akurat karena perpaduan antara alat elektronik dan data matahari realtime sehingga dapat digunakan kapanpun asal ada bayang matahari.

pelatihan kali ini lebih banyak praktik daripada teori dengan perbandingan 25% Teori dan 75% Praktek.

diharapkan pasca pelatihan ini Masjid, Musholla dan Makam di wilayah kec.Semen sudah diukur arah kiblat dan diberikan sertifikat dari KUA Kec.Semen (uli)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *