Kunker Danlanal Banyuwangi Ke Posal Muncar Selesaikan Masalah Dengan Komunitas Maritim

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) ke Pos TNI AL (Posal) Muncar guna memperkuat komunitas kemaritiman, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Eros Wasis, M.Tr. (Han)., CTMP didampingi Danden Pomal, Pasops disambut oleh Paspotmar, Kaset, Danposal Muncar di Posal Muncar, Kamis (17/6/2021).

Kunjungan kerja Danlanal Banyuwangi ke Posal Muncar tiba pukul 9:50 WIB, langsung menuju long room memberikan sambutan ke Forkopimka Muncar, Stake Holder, Komunitas Maritim, memperkenalkan diri dan memperkenalkan Danden Pomal Lanal Banyuwangi dijabat Kapten Laut (PM) Suprapto, S.H., M.H., Pasops dijabat Lettu Laut (P) Incek Ali Khasim, Paspotmar dijabat Lettu Laut (KH) Rianto, S.H., Kaset dijabat Lettu Laut (P) Hermanto, Danposal Muncar dijabat Letda Laut (P) Triyono.

Danlanal Banyuwangi mengatakan, “Saya ini pelaut tapi pilot penerbang juga, tupoksi saya selaku Komandan Lanal Banyuwangi dalam Dawilhanla diantaranya melayani aduan permasalahan masyarakat, termasuk peemasalahan di muncar terkait kelautan dan perikanan, jika ada permasalahan yang berkaitan kelautan dan maritim bisa diadukan ke Posal Muncar atau langsung ke saya jika tidak teratasi, permasalahan di laut dengan bertikai atau berkelahi bukan jamannya lagi, setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan hukum namun kalau bisa diselesaikan secara kekeluargaan dengan bijaksana, agar tercipta lingkungan yang kondusif atau rukun sesama antar nelayan dan pengelola.” tuturnya.

Camat Muncar, Drs. Danis woro, M.si., mengatakan, “Muncar sekarang aman, sehat, cemerlang (muncer), moderen, dari hasil Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Ikan (SDI) berdiri 40 lebih perusahaan di sekitar Kecamatan Muncar, namun permasalahan utama di Kecamatan Muncar yaitu sampah plastik yang kiriman dari kecamatan – kecamatan lain dan kurangnya kesadaran dari masyarakat.” ucapnya.

Danramil 0825 / 17 Muncar, Kapten (ARM) Sutoyo, S.H mengatakan, “Saya sebagai TNI Angkatan Darat di wilayah teritorial Koramil Muncar selalu membantu pemerintah daerah dan bersinergi dengan instansi-instansi terkait khususnya dalam Forkopimka Muncar.” ucapnya.

Danden Pomal Lanal Banyuwangi mengatakan, “Pengelolaan kelautan dan perikanan yang baik berawal dari antar pengelola perikanan yang rukun bekerjasama yang baik, selesaikan setiap permasalahan dengan baik secara kekeluargaan bukan dengan kekuatan atau anarkis, penyelesaian masalah bisa dengan ngopi bareng antar pengelola, nelayan, tokoh-tokoh nelayan dengan forkopimka muncar, jika ada pelanggaran hukum laut segera adukan ke Posal, Polair, Polsek, namun jika ada oknum TNI AL yang melanggar hukum laut segera laporkan ke saya langsung dengan pelaporan yang akurat untuk dianalisa dan ditindak lanjuti oleh Denpomal Lanal Banyuwangi.” tegasnya.

Paspotmar mengatakan, “Saya Perwira Staf Potensi Maritim disingkat Paspotmar kalau di Kodim disebut Pasi Teritorial, kedepan kami Staf Potmar memprogramkan Proasih yaitu program laut bersih sampah dan konservasi laut di bulan Desember 2021 minggu pertama, jadi permasalahan sampah di pantai dan muara kita selesaikan secara bersama dengan saling berkomunikasi, koordinasi, konsultasi, kolaborasi.” terangnya.

Danposal Muncar mengatakan, “Permasalahan Hukum tidak semudah membalikkan tangan, perlunya kolaborasi antar Penegak Hukum Laut (red – Penyidik TNI AL ( UU RI nomor 34 Tahun 2004 pasal 9 tupoksi TNI AL )), Penyidik Polair, Penyidik Polsek, PPNS KKP, PPNS KPLP Syahbadar), menyelesaikan tindak kriminal di laut.

Turut hadir dalam acara kunker Danlanal dengan wadah Komunitas Maritim diantaranya Forkopimka Muncar, Stake Holder, para tokoh nelayan, PPAL, HSNI muncar, dan instansi – instansi terkait dibidang kelautan dan perikanan serta kemaritiman.

Diakhir acara jumpa dengan komunitas maritim pukul 10:55 WIB Danlanal Banyuwangi berkenan melaksanakan photo bersama dengan Forkopimka dan Stake Holder sekecamatan Muncar serta tokoh masyarakat nelayan. (*red/penlanalbwi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *