Michael, “PANCASILA Adalah Prinsif/Pedoman Dan Tujuan Hidup Bangsa”

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Ketua DPC Partai Demokrat yang juga salah satu Pimpinan di DPRD Kabupaten Banyuwangi Michael Edy Hariyanto, SH. Mengucapkan selamat “HARI LAHIR PANCASILA” yang diperingati serentak oleh seluruh Rakyat Indonesia pada hari ini Selasa 1 Juni 2021.

Di salah satu tempat ketika ditemui media dalam obrolan santainya mengatakan. Sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya tidak melupakan jasa-jasa tokoh nasional dan para pejuang kemerdekaan juga pendiri Negara Republik Indonesia. Salah satunya kata Michael adalah lahirnya “PANCASILA” yang digagas oleh Bung Karno dan para tokoh nasional yang lain di masanya.

Bacaan Lainnya

Menurut Michael, PANCASILA selain sebagai dasar negara, adalah juga sebagai pilar ideologis bangsa Indonesia. Rumusan sila-silanya yang ada adalah sebagai pedoman dan prinsif dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berikut disimpulkan, pasalnya prilaku hidup kita dalam berbangsa dan bernegara di posisi apapun harus mencerminkan serta merujuk pada sila-sila pada PANCASILA dari sila 1 (satu) sampai sila ke 5 (lima).

“Rumusan sila-sila pada PANCASILA dari sila satu sampai lima sangat mendasar dan lengkap. Menurut saya didalamnya selain menyangkut soal prinsif atau pedoman hidup berbangsa bernegara, terkandung juga cita-cita dan tujuan hidup bangsa”,

Lebih jauh lagi Michael singgung bahwa PANCASILA yang juga disebut-sebut sebagai sumber dari segala sumber hukum. Michael berargumen bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang ada di Negara Indonesia tidak boleh bertentangan dengan PANCASILA. Dipertegas lagi yaitu tidak bertentangan dengan sila-sila yang ada yaitu sila 1 (satu) sampai 5 (lima).

Akhiri penyampaiannya Michael mengajak kita semua untuk menjaga betul keberadaan PANCASILA sebagai dasar negara. Dan berharap anak-bangsa generasi penerus untuk menerapkan jiwa PANCASILA dalam kehidupan sehari-sehari. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *