Dari Kuota Sebanyak 1616, Hari Pertama 134 Lansia Desa Sragi Divaksinasi

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Tak ubahnya desa-desa yang lain, warga Lanjut Usia (Lansia) Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi dapat undangan Vaksinasi Kamis 20/5/2021.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Urusan Kesejahteraan Masyarakat (Kaur Kesra) Desa Sragi Muchtar. Bahwa Desa Sragi dapat jatah Vaksinasi tahap dan hari pertama diberikan Vaksinasi kepada sebanyak 134 warga Lansia. Sementara kuota keseluruhan sebanyak 1616 dibagi 12 kali kegiatan Valsinasi. Sementara pemberian suntikan Vaksinasi dilakukan oleh Tim Medis Puskesmas Songgon.

Pantauan media nampaknya Tim Medis Puskesmas Songgon dalam pelaksanaan kegiatan Vaksinasi betul-betul menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Meja diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi kerumunan, ada sekat pembatas berupa plastik/mica. Kursi antrian pun betul-betul tertata rapi sehingga dilokasi masih terlihat longgar untuk jaga jarak satu dengan yang lainnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Tiga Pilar Desa Sragi Babinsa Sertu Suhartono dan Bhabinkamtibmas Briptu Nico Armanda. Selang beberapa waktu kemudian tampak juga kehadiran Kapolsek Songgon Iptu Eko Darmawan, SH bersama anggota pantau pelaksanaan Vaksinasi di Pendopo Desa Sragi. Setelah dirasa cukup Kapolsek Songgon Iptu Eko Darmawan, SH meninggalkan Pendopo Desa Sragi, melanjutkan giat pemantauan di desa-desa lainnya.

Tertangkap informasi dari salah satu petugas medis dari sebanyak 134 warga Lansia yang diundang ada kehadiran sebanyak 90 sekian orang. Namun dari yang hadir tidak semuanya bisa disuntik Vaksin, karena ada permasalahan dengan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk diberi suntikan Vaksin. Kepasa mereka disarankan memeriksakan diri dulu ke Puskesmas, dan akan dilakukan penyuntikan di tahapan berikutnya.

Kades Sragi Hartono dikonfirmasi kepada aeak media memberikan keterangannya, meskipun warganya sudah disuntik Vaksin tetap disarankan untuk ikuti Protokol Kesehatan (Prokes).

“Alhamdulillah warga kami khususnya yang Lansia hari ini mendapatkan suntikan Vaksin. Untuk hari ini dihadirkan sebanyak 134 orang. Yang lain menyusul di hari berikutnya. Tadi saya juga sampaikan kepada warga dan kepada Kepala Dusun, meskipun sudah disuntik Vaksin hendaknya tetap ikuti Protokol Kesehatan. Pakai masker, rajin cuci tangan, dan menghindari kerumunan. Namun semoga dengan adanya Vaksinasi ini setidaknya bisa meminimalisir penularan virus Covid-19 di Desa Sragi”, tuturnya.

Terdengar pengakuan salah satu warga usai disuntik Vaksin dan mengundang tawa warga yang lainnya,

“Yo alah tak pikir loro disuntik Vaksin aku sampek kepikiran, tiba’e ora kroso loro blas. Disuntik ping sepuluh aku yo gelem (Saya pikir disuntik Vaksin itu sakit, ternyata gak terasa sakit. Diauntik sepuluh kali saya mau”, cetusnya disambut tawa yang lainnya.

Namun demikian hampir sama dengan kegiatan Vaksinasi di desa lainnya. Di Desa Sragi juga ada salah satu warga yang menahan rasa takut antara mau dan tidak dudukpun gelisah. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *