Dalam Rangka PPKM, Dua Dusun Di Desa Balak Dilakukan Penyemprotan

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Selang sehari setelah dilakukan pemberian bantuan paket sembako kepada sejumlah warga Lanjut Usia (Lansia). Dalam rangka maksimalkan kegiatan Pemberlakuan PembatasanĀ  Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di desanya.

Hari ini Jumat 7/5/2021 Kurnia Cahya Samanhudi Kepala Desa Balak Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Bersama unsur Tiga Pilar adakan kegiatan penyemprotan disinfektan di dua Dusun, diantaranya di Dusun Balak Lor dan Dusun Balak Kidul. Tempat-tempat ibadah, rumah-rumah warga, dan fasilitas umun jadi sasaran amukam pasukan disifektan.

Hal tersebut dilakukan tak lain sebagai upaya/ikhtiar Pemerintah Desa Balak memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19), yang sampai saat ini tidak jelas kabar kapan berakhirnya. Bahkan terpantau dari beberapa informasi di media, peningkatan kasus positif Covid di beberapa negara terjadi salah satunyan yang parah adalah di India.

Tak heran atau beralasan bila Pemerintah Desa Balak serius tindak lanjuti kegiatan PPKM di desanya melakukan penyemprotan besar-besaran. Dalam konfirmasinya terkait kegiatan penyemprotan tersebut, Kades Kurnia Cahya Samanhudi menyampaikan.

“Yang penting kami ikhtiar lakukan tindakan juga berdoa, soal hasilnya kembali Allah yang menentukan. Tapi kami yakin Allah ijabai setiap ikhtiar yang baik, terlebih ikhtiar demi menyelamatkan orang lain dari teror virus corona atau covid-19 ini mas”, cetusnya.

Lanjut diurai oleh Kades berjuluk nama panggilan Yayak itu, bahwa dalam kegiatan penyemprotan tersebut dilibatkan Linmas dan warga setempat. Penyemprotan dilakukan secara berkala di semua dusun. Ketika ditanyak soal pengendalian warga yang datang dari luar kota karena mudik lebaran, Kades Yayak menanggapinya.

“Untuk warga yang datang dari luar kota atau mudik lebaran, kami akan lakukan pendataan dan pengetatan. Mereka harus bisa menunjukkan surat rapid tes, harus siap dilakukan pengecekan kesehatan oleh Tim kesehatan Puskesmas, dan siap jalani isolasi mandiri, dilarang melakukan kontak langsung dengan warga lain sebelum jalani isolasi mandiri”, jawabnya.

Masih urainya, kepada Kepala Dusun dihimbau untuk waspada dan tidak kecolongan masalah warga yang beru datang dari luar kota.

“Kami himbau kepada semua Kepala Dusun untuk tidak kecolongan mendata dan tangani warga yang baru datang dari luar kota, karena bisa jadi klaster baru kalau lengah. Kami tidak ingin warga Balak ada yang terpapar covid-29, terlebih mau lebaran”, tuturnya.

Babinsa Balak Sertu Eko Purwanto, menyambung apa yang disampaikan Kades Yayak mengatakan.

“Kami Tiga Pilar Desa Balak terus bersinergi, kolabirasi, dan koordinasi intens bagaimana bisa menekan penyebaran virus covid-19 ini. Menurut kami kegiatan PPKM akan sangat efektif bila dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sugguh”, sambung Sertu Eko Purwanto.

Selanjutnya menurut salah satu staf desa, kegiatan penyemprotan disinfektan akan dilanjutkan besok Sabtu 8/5/2021 di beberapa dusun lainnya. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *