Polresta Banyuwangi Tangkap Seorang Wanita Pengedar uang Palsu.

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI-Seorang Perempuan inisial MW (51) asal kelurahan Bulusan Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi, ditangkap oleh polisi gegara diduga melakukan pemalsuan uang rupiah yang dicetak sendiri.

Pada Press Release Kamis (06/05/2021) di Makopolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin selaku Kapolresta mengatakan, dari hasil penyelidikan pelaku memalsukan uang kertas Rupiah yang bernilai nominal Rp. 100.000,- Rp. 50.000,- dan Rp. 20.000,-

“Berhasil kami temukan dan kami
sita barang bukti produksi mata uang palsu senilai Rp. 40.060.000,- dari tangan tersangka,” tegas Kapolresta Banyuwangi Arman Asmara Syarifuddin.

Lebih dipertegas kembali oleh Kapolresta Banyuwangi bahwa yang bersangkutan (tersangka) menggunakan teknik dengan cara uang nominal Rp.100.000,- di-scan printer pada bagian depannya. Akan tetapi pada tampak belakang disobek lalu ditempelkan bersama hasil scannya.

“Jadi setelah kedua ditempel menjadi satu maka pada bagian belakang asli, dan dibagian depannya palsu,” kata Arman.

Selanjutnya menurut Kombes Pol Arman, pelaku ini diduga telah mengedarkan uang-uang tersebut bukan hanya di Banyuwangi saja. Namun, hingga sampai diluar provinsi.

Dari hasil penangkapan ini Polresta Banyuwangi akan terus kembangkan.
“Untuk sementara, uang asing kita kembangkan, serta kita kembangkan nilai nominalnya,” tuturnya.

Berdasarkan informasi, pelaku ini telah melakukan aksinya sebanyak dua kali. Atas perbuatannya, emak-emak ini terjerat Pasal 36 ayat (2) Jo Pasal 26 ayat (2) UU RI No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara atau denda sebesar Rp. 10 miliar. (ktb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *