Pasar Tradisional Padang, Jadi Sasaran Operasi Yustisi Penegak Prokes Forkopimka Singojuruh

  • Whatsapp

Kabaroposisi.net | BANYUWANGI – Pada 10 hari ketiga di bulan suci Romadhon mobilitas masyarakat sulit untuk dikendalikan lagi. Karena saat-saat jelang lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat, berbondong-bondong kunjungi Mall, Pertokoan, juga Pasar Tradisional.

Sayangnya tradisi dalam rangka menyambut dan merayakan hari kemerdekan ummat muslim setelah sebulan penuh tunaikan ibadah puasa itu. Harus terjadi di masa pandemi, di mana penyebaran corona virus (covid-19) masih berlangsung dan tanpa diketahui kepastian kapan berakhirnya.

Dalam rangka peduli keselamatan masyarakat dari penyebaran virus covid-19 itulah, Tim Penegak Protokol Kesehatan (Prokes) Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Singojuruh Kab. Banyuwangi. Rutin Gelar Operasi Yustisi ke beberapa tempat yang dimungkinkan terjadi kerumunan warga skala besar. Termasuk salah satunya hari ini Kamis 6/5/2021, Pasar Tradisional Desa Padang jadi sasaran Operasi Yustisi.

Terlibat dalam kegiatan tersebut Trisetia Supriyanto, S.STP.,M.Si (Camat Singojuruh), Iptu Abd. Rohman, SH (Kaposel Singojuruh) beserta anggota, Serma Syaiful Hadi (Bati Wanwil Ramil 0825/13 Singojuruh) beserta personil, Supriyadi Bintoro (Kep. UPTD Puskedmas Singojuruh), M. Suparlan (Ka. Trantib Singojuruh) beserta rekan dan didukung beberapa parat staf Kecamatan yang lainnya.

“Kita memaklumi tradisi ummat muslim jelang hari lebaran pasti datangi pertokoan dan pasar untuk belanja kebutuhan lebaran. Tapi karena ini situasi tidak seperti biasanya, yang mana ada penyebaran virus mengancam nyawa. Maka kami dari Forkopimka harus tetap hadir untuk sosialisasi Protokol Kesehatan, kendalikan pergerakan masyarakat, dipastikan semua bermasker, dihimbau tidak berlama-lama di pasar dan seterusnya. Intinya yang kami lakukan ini demi keselamatan masyarakat tidak ada yang lain”, tutur Camat Trisetia saat dikonfirmasi di sekitar area Pasar Tradisional Desa Padang.

Sementara Kapolsek Singojuruh Iptu Abd. Rohman, SH menyambung keterangan sebelumnya (Camat) menyampaikan.

“Alhamdulillah sampai hari ini kami baik dari Kecamatan, Koramil, Polsek, Puskesmas, dan yang lain. Masih solid, kompak dan selalu siap senergi dalam hal penanganan covid-19. Benar apa yang disampaikan Pak Camat tadi, bahawa semua ini hanya demi keselamatan masyarakat supaya tidak terpapar virus covid-19. Semoga saja kondisi segera membaik, sehingga masyarakat dapat beraktivitas normal, nyaman terkendali, dan ekonomi pulih kembali”, sambungnya.

Pantauan media Tim Penegak Prokes Forkopimka Singojuruh lakukan Operasi Yustisi tidak hanya dalam lingkungan Pasar. Ternyata warga setempat yang ada di sekitar Pasar pun disatroni, terutama yang kedapatan tidak memakai masker dan terlihat berkerumun. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *