Peranan Penting Kegiatan Posyandu Balita Di Desa Kedungwaru Tulungagung

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET |Tulungagung, –  Ditengah Pandemi Covid 19 saat ini kesehatan anak anak Balita sangatlah penting untuk diperhatikan. Seperti apa yang dilaksanakan oleh Petugas Posyandu yang ada di Desa Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, Senin (3/5/2021).

Tampak puluhan anak anak balita sambil ditemani Ibunya sedang berada di Posyandu Desa Kedungwaru untuk dicek kesehatan dan berat badannya.

Mulai pukul delapan pagi, kesibukan mulai terasa disalah satu rumah warga berlapis cat hijau tersebut, petugas Posyandu dan Bidan Desa tampak bersiap untuk melayani dan beberapa ibu terlihat berdatangan membawa anak balita, sambil memakai masker mengingat saat ini masih pandemi Covid 19.

Sesampainya tiba di lokasi Posyandu, petugas akan langsung melakukan pengecekan suhu tubuh, dan meminta mereka mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan, lalu memberikan arahan ke mereka untuk menunggu di tempat duduk yang jaraknya telah diatur.

Kepala Desa Kedungwaru, Mochamad Toha SA.g

 

Kegiatan Posyandu yang mengedepankan protokol kesehatan tersebut telah berjalan dengan baik. Penggunaan masker, pengaturan jarak tempat duduk dan kegiatan mencuci tangan telah melekat jadi satu dengan penimbangan badan, pengukuran lingkar kepala, pemberian imunisasi pada anak balita hingga kegiatan penyuluhan pada Ibu Ibu yang hadir.

Ada beberapa anak-anak yang sedang bermain ditempat yang disediakan sambil menunggu giliran. Ada beberapa mainan edukasi yang tersedia di posyandu, mainan itu telah disesuaikan dengan kebutuhan deteksi tumbuh kembang pada anak balita.

Sementara anaknya bermain, sang ibu bisa sambil mendengarkan penyuluhan mengenai kesehatan anak, tumbuh kembang anak dan berbagai informasi tentang imunisasi yang disampaikan oleh bidan desa atau kader terlatih.

Terlihat pula beberapa makanan anak balita yang siap dibagikan, pemberian makanan tambahan menjadi salah satu bagian dalam pelayanan, dan menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak.

Seluruh pihak mulai dari tenaga kesehatan yang bertugas hingga masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan, agar kegiatan posyandu balita berjalan dengan aman dan lancar.

Kepala Desa Kedungwaru, Mochamad Toha SA.g ditemui di Kantor Desa
mengatakan ” Kegiatan posyandu sangat penting untuk mengawal tumbuh kembang dan kesehatan balita sehingga gizi dan kesehatan anak anak bisa terpantau sehingga nantinya bisa menjadi anak yang bisa dibanggakan bagi orang tua dan bangsa”.

Mochamad Toha juga menghimbau kepada masyarakat khususnya yang memiliki anak balita untuk datang ke posyandu sehingga bisa mengetahui dan menjaga kesehatan Ibu dan anak.

Salah satu petugas Posyandu berharap kegiatan posyandu ini bisa berjalan dengan baik dan terus dilaksanakan guna memantau kesehatan anak dan berharap untuk tidak ada stunting pada anak balita nantinya.

Melalui kegiatan posyandu, tumbuh kembang balita, status imunisasi dan gizi balita dapat terpantau dengan baik, hal itu penting demi kesehatan sang anak.

” Kami berharap kepada pemerintah untuk melanjutkan program Posyandu yang sudah berjalan dengan baik ini “. imbuh Mochamad Toha. (Pras)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *