Komandan Kodim 0820/Probolinggo Beserta Para Petinggi Forkopinda Probolinggo Pastikan Pilkades Aman

Probolinggo,kabaroposisi.net,- Ratusan anggota TNI dan Polri tersebar di TPS Pilkades Serentak yang diselenggarakan hari ini di sejumlah Desa diKabupaten dan Kota Probolinggo, para aparat keamanan ini melaksanakan cipta kondisi Kamtibmas sejak semalam hingga pelaksanaan Pilkades serentak tahap 1 tanggal 2 Mei 2021 hari ini.

Hal inidilakukan oleh jajaran anggota Kodim 0820/Probolinggo dalam mendukung pengamanan Pilkades oleh Polres Kota dan Kabupaten Probolinggo.
Minggu, (02/05/21)

Pagi ini Komandan Kodim 0820/Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo beserta sejumlah petinggi Forkopinda melaksanakan pengecekan di sejumlah TPS yang ada di Kota dan Kabupaten Probolinggo.
Salah satunya di TPS Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Desa Banjarsari.
43 anggota gabungan pengamanan yang sejak kemarin sudah siap di lokasi pemilihan, terdiri dari anggota TNI 8 personil, Anggota Polri 31 personil, Anggota Satpol PP 2 orang, Anggota linmas 2 orang, dan 11 tenaga kesehatan yang secara ketat melakukan patroli dan penyisiran terhadap kondisi lingkungan dan keamanan di sekitar TPS yang akan dipakai untuk pemungutan suara hari ini.

Saat Tim Peliput Pendim 0820/Probolinggo, Sersan dua Ahmad Rifandi beserta tim berkesempata berbincang dengan Kapolsek Sumberasih Iptu Suyanto mengungkapkan untuk Pilkades di 4  Desa tersebut,  situasi dan kondisinya relatif aman dan kondusif. “Belum ditemukan adanya potensi yang dapat menimbulkan kericuhan. Namun demikian kami tetap menyiagakan anggota untuk menetralisir hal-hal yang dapat mengganggu jalannya Pilkades itu sendiri,” ujar Kapolsek

Kapolsek Sumberasih Iptu Suyanto SH. Menegaskan, pihak keamanan tak akan segan menindak siapapun yang melakukan kecurangan apalagi sampai menyebabkan kericuhan baik sebelum dan paska Pilkades. Karena apapun hasil dari Pilkades itu adalah pilihan rakyat yang harus dihormati.

“Untuk itu kami harus tegas untuk menjaga kondusifitas daerah dan suksesnya Pilkades serentak apalagi pelaksanaannya dibulan suci ramadhan ini,” Tegas Kapolsek Sumberasih

Sementara itu Komandan Koramil 0820/06 Sumberasih, Letnan Satu Kav Hasim menyebutkan untuk di Desa Pesisir terdapat sebanyak 4.036 pemilih yang terbagi dalam 11 TPS. Di 11 TPS tersebut juga telah disiapkan berbagai alat protokol kesehatan seperti masker dan hand sanityzer untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

“Tiap TPS akan dijaga oleh petugas dari satgas Covid-19. Tujuannya untuk memastikan kepatuhan dari pihak penyelenggara dan pemilih di TPS agar taat pada Prokes,” tegasnya

Lettu Kav Hasim berharap agar jalannya pelaksanan Pilkades di Desa Pesisir dapat berjalan aman dan kondusif. Terlebih dimomen bulan suci ramadhan ini yang harus dijaga kesuciannya dari tindakan-tindakan curang yang dapat memicu kericuhan.

“Siapapun nanti pemenangnya dalam Pilkades ini adalah orang yang terbaik dari pilihan rakyat. Seluruh calon dan pendukungnya harus siap menerima segala keputusan rakyat itu,” Komandan Koramil yang sudah mendekati masa Purna tugasnya di Dinas Militer ini.
(Cakra393-Win)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *