KOMISI C DPRD BLORA KUNJUNGI DINPERINNAKER BLORA

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET|Blora, – Dunia kerja membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi serta semangat untuk berinovasi dan juga ketekunan dan semangat pantang menyerah. Tantangan DINPERINNAKER Blora untuk menciptakan para tenaga kerja lokal tersebut.

Hal tersebut menjadi menjadi perhatian Anggota DPRD Komisi C Saat berkunjung di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora anggota DPRD Blora.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Amik Kristanti Kepala UPT BLK Blora ini menyampaikan, pendidikan dan pelatihan kerja ini merupakan tahap II yang diikuti oleh 60 peserta diklat dilaksanakan mulai 5 April 2021 terdiri lima kelas, yaitu Tata Boga, Salon kecantikan, Komputer, Jahit dan Batik. Masing-masing kelas 16 orang peserta dengan dipandu instruktur yang telah berpengalaman.

Lebih lanjut Amik Kristanti mengatakan seperti tahun sebelumnya tiap peserta BLK mengikuti ujian yang nantinya akan mendapatkan sertifikat Uji kompetensi sesuai BSPN. Sehingga menjadi bekal dimasyarakat mampu bersaing.

“Dalam uji kompetensi tahun ini tahap pertama peserta lulus semua,” ucapnya.

Sementara itu PLT Kepala DINPERINNAKER Sudharmono juga menyampaikan Kami melaksanakan kegiatan di DINPERINNAKER dengan anggaran terbatas disetiap bidangnya, Kami juga melaksanakan sesuai dengan misi visi Bupati dan kami Hafal dengan program 99 hari.

Uji Kompetensi seperti BNSP

” Sebab jika menggunakan APBD hanya beberapa kali pertemuan saja sudah habis angggarannya untuk kegiatan,” terangnya.

Lebih Lanjut PLt Kepala Dinperinnaker Blora Sudharmono, menyampaikan bahwa tanpa bantuan APBN, maka pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Kami berharap kepada DPRD Blora yang hadir disini untuk memberi motivasi dan membawa berkah bagi Dinperinnaker. Dengan demikian potensi yang ada bisa dioptimalkan.

Sedangkan anggota dari Komisi C M. Muklisin, Warsit, Iwan Krismiyanto dan Moh. Sahari yang dalam sambut diwakil Warsit merasa terharu, bangga dan bahagia melihat peserta program pelatihan mau bekerja dan membangun semuanya melalui proses.

Sambil meneteskan air mata anggota Dewan komisi C Warsit menyampaikan “Saya bangga dan bahagia, mau bekerja dan membangun semuanya melalui proses, jangan berkecil hati. Step by step, selangkah demi selangkah, kita harus berhasil. Prinsipnya, Dia bisa, Aku harus bisa. Dia dapat, Aku harus dapat,” saat memberikan motivasi kepada para peserta program pelatihan tenaga kerja di BLK, Selasa (20/04/2021).

Sementara, M. Muklisin mengatakan, pelatihan kerja seperti yang ada di BLK Blora yang akan mampu menjawab tantangan masa depan, kedatangannya bersama rombongan tersebut, menjalankan tupoksi DPRD yang mana menyesuaikan dengan Perpres nomor 33 tahun 2020.

Politisi PKB yang biasa dipanggil Cak Sin berpesan diikuti dengan baik, jangan pernah berhenti, berinovasi dan harus mengembangkannya. Jangan menjadi bentuk kegiatan rutinitas yang justru bisa merugikan negara. Outputnya harus jelas, bagus dan berkembang. Nanti pada Tahun 2030-2040 terjadi bonus demografi, dimana usia produktif lebih besar,” jelasnya

Perlu diketahui BLK DINPERINNAKER dalam memberikan pelatihan juga menggunakan instruktur yang berkompeten, sehingga mampu menyiapkan peserta langsung terjun kelapangan dan memenuhi standar untuk perusahaan. (Gas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *