Pertelon Mbah Denok Pertapan Sragi, Saksi Keberadaan Pasar Romadhon 1442/2021

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Tekanan dampak Covid-19 terhadap ekonomi masyarakat, tembus sampai 2 (dua) kali bulan Romadhon. Tak mau terus-terusan tertekan oleh kondisi yang belum diketahui ujung akhirnya. Warga Desa Dusun Pertapan Desa Sragi Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Ambil sikap tegas memilih bangkit hadapi masa pandemi untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Warga Dusun Pertapan yang didominasi kaum muda-mudi itu, berikut menamakan dirinya sebagai kelompok/organisasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Makaryo. Bersinergi dengan UMKM, Pemerintah Desa, dan Bumdes Kaukus Sragi. Bergagas menciptakan sebuah kegiatan untuk meningkatkan pendapatan keluarganya. Yang hari ini Kamis 14/04/2021 sekira pukul 14:00 Wib, digelar Launchingnya bertempat di Pertelon Mbah Denok Pertapan dengan tajuk ” Gebyar Pasar Ramadhon”.

Acara yang Ketua Panitianya tokoh Pertapan Tugiyanto dan diinisiatori oleh pemerhati UMKM bernama Pini Sri itu. Dihadiri oleh Kepala Desa berikut jajarannya, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Camat Songgon berikut stafnya. Berlangsung meriah didukung dengan sentuhan intertaine “Lintang Musik” asal kota Genteng. Namun panitia tak mau lengah dari incaran virus Covid-19, ketat terapkan protokol kesehatan.

Tugiyanto dalam sambutan penghormatannya atas nama panitia dan masyarakat ucapkan terima kasih kepada Pemdes. Atas dukungannya kegiatan dapat terselenggara dengan baik dan sesuai rencana. Tugiyanto berharap semoga dengan acara ini bisa berbuah manfaat dan berkah. Sebagai tokoh masyarakat Tugiyanto apresiasi akan semangat dan kerja keras pemuda-pemudi di lingkungannya.

Kades Sragi Hartono berterima kasih dan apresiasi atas ide-ide kreatif masyarakatnya yang lebih pada keingijan mendongkrak ekonomi masyarakat. Secara spesifik ucapan terima kasih kepada Pini sri yang betul-betul perhatian terhadap pemnerdayaan UMKM. Terlebih di masa pamdemi tapi berusaha bangkit dari keterpurukan ekonomi. Kades Hartono tegaskan, bahwa Pemdes mendukung penuh gagasan-gagasan cermerlang tersebut. Kades Hartono semangati warganya denga memgajak untuk tidak menyerah pada keadaan.

Perwakilan dari UMKM Pini Sri yang juga selaku penggagas UPPKS berharap semoga dengan kehadiran dan kegiatan UPPKS sinergi dengan Pemerintah Desa dan Bumdes, bisa mendatangkan manfaat ekonomi.

Dilaporkan oleh Pini Sri, UPPKS baru berjalan sekira  7 bulanan, harapan ke depan keberadaan UPPKS bisa menggerakkan UMKM yang ada di desa Sragi. UPPKS harus sehat, mandiri tolersansi, bertanggung jawab, dan punya niat yang baik.

Sementara Camat Songgon Kunta Prastawa mengaku bangga diadakan kegiatan Pasar Romadhon. Tak jauh beda dengan yang sebelumnya Camat Kuta Prastawa berharap kegiatan tersebut mampu menggerakkan ekonomi masyarakat. UMKM harus rukun bareng-bareng meningkatkan perekonomian keluarga. Disarankan juga bagaimana kegiatan oleh UPPKS dan UMKM tersebut bisa menjadi cikal bakal terciptanya sentra ekonomi di desa Sragi.

Sebagai penanda dibukanya “Gebyar Pasar Romadhon” Dusun Pertapan Desa Sragi. Camat Kunta Prastawa didampingi Kepala Desa Sragi. Melakukan pemotongan pita, yang selanjutnya pengunjung pun berhamburan serbu lapak-lapak yang sudah siap dengan ragam menu takjil buka puasa itu. (r35/ktb).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *