Dinkes Tulungagung Sediakan Vaksin Covid 19 pada Layanan Vaksinasi Drive Thrue RS Bhayangkara

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET|Tulungagung,  – Layanan Vaksinasi Drive Thrue digelar oleh Rumah Sakit .(RS) Bhayangkara Tulungagung. Layanan tanpa turun (Lantatur) atau drive thru vaksinasi Covid-19 untuk para manula, pada Jumat (26/3/2021).

Penerima Vaksin tidak perlu turun dari mobil, petugas kesehatan menghampiri mereka dan memberikan layanan.

Bacaan Lainnya

Didik Eka, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Tulungagung, menuturkan kegiatan ini akan menjadi bahan evaluasi.

“Kami evaluasi dulu, karena layanan ini memberi kemudahan para manula. Karena manula kan kesulitan mobilitas,” terang Didik.

Menurutnya vaksinasi lantatur di RS Bhayangkara ini bagian dari target vaksinasi lansia. Ide lantatur ini murni dari RS Bhayangkara, sementara Dinkes menyediakan vaksinnya. Dinkes Tulingagung juga melakukan supervisi pelaksanaan vaksinasi cara baru ini.

Menurut Didik yang hadir pada saat kegiatan kegiatan tersebut sangat bagus.
Setiap kendaraan roda empat yang datang membawa lansia langsung dihampiri tiga petugas medis. Setiap calon manula yang divaksin dilakukan
Wawancara dan pemeriksaan .

Jika dinyatakan sehat, manula langsung disuntik vaksin tanpa turun dari mobil.
“Prosesnya sangat cepat, karena dalam waktu satu jam tadi sudah ada sekitar 130 orang yang sudah divaksin,” ungkap Didik.

Petugas kemudian minta KTP untuk difoto kopi, sementara mobil yang membawa lansia diarahkan untuk parkir sebentar.

Jika tidak ada gejala Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI), manula penerima vaksin diperbolehkan pulang.
Mereka akan mendapatkan pemberitahuan jadwal vaksinasi dosis ke-2.

Didik Eka mengungkapkan, dengan tambahan 150 manula hari ini, maka jumlah manula yang sudah divaksin lebih dari 2.000 orang. Vaksinasi manula pernah dilakukan lebih dulu menyasar di Kecamatan Kedungwaru.

Manula yang dimaksud adalah warga yang berusia di atas 62 tahun dan dalam kondisi sehat dan tidak dalam kondisi sakit. (yud)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *