Pokdarwis Tawang Alun Desa Aliyan Gelar Lomba Lintas Alam Jejak Aliyan.

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Pokdarwis Tawang alun desa aliyan Kecamatan Rogojampi kabupaten Banyuwangi bersama pemerintah Desa, hari ini Minggu 11 April 2021 sekira pukul 8.00. WIB. Melaksanakan kegiatan lomba lintas alam jejak Aliyan.

Acara lomba lintas alam jejak Desa Aliyan sebagai pembuka diawali dengan tarian seni Jejer Gandrung kemudian sambutan Kepala Desa Aliyan disambung kata sambutan dari wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah serta penyerahan Surat SK Pokdarwis Tawang alun Desa Aliyan.

Selain Anton Sujarwo. SE kepala Desa Aliyan sebagai tuan rumah, turut hadir juga Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah, Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Nagara, Unsur Forpimka Rogojampi dan unsur pemerintahan Desa Aliyan serta seluruh peserta lomba lintas alam.

Kepala desa Aliyan yang juga ketua ASKAB Anton Sujarwo.SE pada sambutanya menyampaikan, “tujuan dari kegiatan ini untuk menciptakan tali persaudaraan antara pemerintah desa dengan seluruh stackholder termasuk yang hadir adik-adik SMP, SMA, dan SMK dan juga tim dari dinas pendidikan Banyuwangi,” ujar Anton.

“Kami desa Aliyan bersama masyarakat ingin mengembangkan dan menggali inovasi tentang potensi yang ada di desa Aliyan selama ini.
Dan juga terimakasih kepada pemuda pemudi yang dengan semangatnya dan gigih untuk menggali potensi dan menciptakan inovasi tentunya buntuk kemajuan Desa Aliyan tercinta ini,” tuturnya.

Menurutnya, di desa Aliyan tidak hanya kegiatan ini yang kami jual, kami juga berusaha bagaimana agar ekonomi masyarakat bisak naik dan maju lagi,” katanya.

Anton juga berharap semoga melalui kesempatan kesempatan seperti ini bisa juga bisa memfasilitasi semuanya demi kesejahteraan masyarakat desa Aliyan tentunya.

Sementara Wakil Bupati Banyuwangi H Sugirah pada sambutanya mengatakan, atas nama pemerintah daerah Banyuwangi menyampaikan sebesar-besarnya penghormatan dan penghargaan kepada pihak dinas terkait, kepala desa dan para stackholder yang telah merangkum Kegiatan ini walaupun disaat Pandemi Covid-19 ini.

“Saya berharap Prokes tetap kita laksanakan dengan baik, karena hari ini kita berada di ujung new normal sebentar lagi kita menuju normal dalam rangka kita memulihkan kondisi ekonomi yang telah setahun lamanya kita kena musibah covid,-19,” harapnya.

Oleh karena itu sambung Sugirah,”Pemerintah daerah Banyuwangi bersama Rakyat memberanikan diri untuk membuka setiap kegiatan yang menimbulkan pertumbuhan ekonomi tetap kita lakukan. Karena itu modal dasar dalam rangka Banyuwangi bangkit dari keterpurukan menuju perekonomian yang normal, subur makmur, Banyuwangi yang gemah Ripah loh jinawi,” ujar Sugirah.

Di desa Aliyan inilah menurut H.Sugirah merupakan salah satu tonggak sejarah awal pelaksanaan acara yang sebesar ini.

Harapan pemerintah daerah Banyuwangi dengan dilaksanakannya kegiatan lintas alam kepada adik adik SMP, SMA dan SMK se Kabupaten Banyuwangi. Kalau bisa nanti setelah normal dari luar Banyuwangi juga hadir agar Banyuwangi bisa dikenal oleh masyarakat luar. Sehingga meningkatkan pendapatan UMKM yang telah kita bangun dan rencanakan bersama pemerintah Desa bisa dan pemerintah daerah Banyuwangi.

H.Sugirah berpesan kepada adik adik peserta lomba agar dalam pelaksanaan nanti akan menjadikan inspirasi. Dengan mencintai alam maka alam akan memberikan simbiosis mutualisme kepada kita, kebaikan kepada kita sehingga kita bisa merawat alam.

Selanjutnya acara lintas alam di buka dan diberangkatkan oleh Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah.

Lomba lintas alam ini diikuti oleh 89 group, disetiap group terdiri dari sekitar 5 orang. Jarak yang ditempuh dari start dan Finish di kantor pemerintah Desa Aliyan, sepanjang 4.5 kilometer. Jalur lintas yang dilalui melewati lokasi situs situs Desa Aliyan, area persawahan , anak sungai serta menyeberangi sungai dengan menggunakan ban. Lebih ekstrim lagi disaat peserta naik turun melawati bukit (gumuk tugu). Disitu peserta dituntut untuk mendaki bukit dengan ketinggian kurang lebih 300 meter.

Adapun rute yang dilalui yaitu Pos 1 Gumuk  Temu (Patemon), Pos 2  Sumber Kepuh Paeloan, Pos 3 Gumuk Kok Serad, Pos 4 Gumuk Suro Pekik dan yang terakhir Pos 5 Gumuk Tugu dan langsung menuju Finish Kantor Desa Aliyan.

Setelah melalui penilaian ketat maka diumumkan sebagai pemenang lomba acara lintas alam jejak Aliyan sebagai berikut : Tingkat SMA/SMA Juara Pertama SMK PGRI Rogojampi, juara kedua SMK Ihya’ Ulumuddin Singojuruh dan Juara 3 SMK 17 Agustus Cluring.

Sedangkan untuk tingkat SMP juara pertama diraih oleh SMP 1 Glenmore, Juara kedua diraih oleh SMP 1 Blimbingsari dan juara ketiga SMP 1 Cluring.

Selanjutnya penyerahan hadiah secara langsung diberikan oleh Kepala Desa Aliyan Anton Sujarwo.SE. berupa Tropy dan piagam. (ktb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *