Kemensos RI Laksanakan Pembentukan & Aktivasi Kawasan Kampung Siaga Bencana (KSB)

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.|BANYUWANGI – Dimulai hari Senin 15 Maret 2021 Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI ), melaksanakan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Dihadiri oleh Camat Tegaldlimo Sigit Sahrudjanto, Plt. Kadinsos PP dan KB Henik Setyorni serta dari Kementerian Sosial RI.

Menurut sumber informasi, kegiatan yang tepatnya bertempat di Desa Kedungasri Kecamatan Tegaldlimo. Akan dilaksanakan selama 3 hari dimulai Tanggal 15/03/2021, yang mana kegiatan meliputi kegiatan diantaranya :

Hari pertama Senin 15 Maret 2021 sosialisasi KSB Pada masyarakat berjumlah 100 orang yang dibuka oleh Plt. Kepala Dinas sosial PP dan KB Kabupaten Banyuwangi. Hari ke dua Selasa 16 Maret 2021 pembentukan KSB berjumlah 60 orang, dilanjutkan pada Hari ke tiga Rabu 17 Maret 2021 simulasi penanganan bencana melibatkan 250 orang peserta.

Kegiatan tersebut rancana akan dihadiri oleh Bupati Banyuwangi dan Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Kementetian Sosial RI pada hari Rabu-nya 17 Maret 2021.

Sebagaimana disampaikan oleh Dedy Utomo Koordinator Tagana Kabupaten Banyuwangi. Bahwa Pelaksanakan kawasan KSB ini adalah dalam rangka meningkatkan upaya kesiapsiagaan masyarakat. Khususnya di wilayah selatan pulau Jawa yang berpotensi risiko bencana alam Megatrust antara lain Tsunami dan Gempa.

Selanjutnya setelah dibentuk KSB, maka kawasan KSB di Kecamatan Tegaldlimo sudah mempunyai gardu sosial dan lumbung sosial sebagai perimeter kinerja dalam penanganan saat tanggap darurat. Untuk kegiatan KSB disupport perlengkapan penanggulangan bencana dari Kementerian Sosial berupa kebutuhan logistik, tenda pengungsi, makanan cepat saji maupun kebutuhan kebutuhan lainnya sesuai standar saat tanggap darurat. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *