Gandeng FTBM, Relasi Relawan Community Sukses Dirikan 33 Taman Baca di Sabu Rai Jua

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.| SABU RAIJUA – Bertujuan meningkatkan sumber daya manusia, Relasi Relawan Community atau Komunitas Relawan Berbagi Inspirasi Sabu Raijua menggandeng pengurus daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi NTT, mendirikan taman baca.

Ketua Komunitas Relasi Comunity, Adolfus Echong Parera, kepada kabaroposisi.net, Senin (15/3/2021) mengatakan, saat ini Kabupaten Sabu Raijua telah memiliki 33 taman baca yang tersebar di sejumlah wilayah tersebut.

Kendati masih dalam masa pandemi covid 19, kata Adolfus, gerakan literasi tersebut tetap dilaksanakan, namun tidak mengabaikan protokoler kesehatan. Dia mengaku, merasa terpanggil dan terpacuh semangatnya untuk terus menggaungkan literasi itu karena melihat minat baca maayarakat mulai meningkat.

“Saya ingin lebih jauh lagi bergerak dengan memberdayakan masyarakat dan berharap Ilmu yang didapat dari buku-buku yang dibaca warga mampu membekali mereka untuk melangkah maju,” katanya.

Dikatakan, Gerakan yang dilakukan oleh Relasi Relawan Community itu mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah setempat karena dinilai Relasi Community telah berperan dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Untuk membentuk sebuah taman bacaan tentunya kami selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, mulai dari sosialisasi, perekrutan relawan taman bacaan, sumbangan buku-buku dan proses pendampingan,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama melakukan gerakan literasi, pihaknya merasa bersyukur karena mendapatkan donasi berupa buku-buku bacaan, baik dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Kementerian Informasi Dan Komunikasi, Anggota DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dan Angelius Wake Kako, Pustaka Bergerak Indonesia, Gerakan Katakan dengan Buku, serta sumbangan-sumbangan buku dari donatur lainnya.

Echong sapaan akrabnya, berkomitmen terus menggaungkan literasi dan membentuk taman baca hingga sampai ke daerah pelosok Sabu Raijua.

“Kami berniat agar di setiap Dusun memiliki 1 Taman Bacaan guna menumbuh kembangkan minat baca dan juga sumber daya manusia di Kabupaten Sabu Raijua,”ujarnya.

Tentunya dalam menjalankan misi mulia tersebut, tambah Echong, Relasi Community masi memiliki keterbatasan. Dia mengaharapkan dukungan Pemerintah Pusat melalui program donasi buku, Pemerintah Daerah, Forum Taman Bacaan Masyarakat dan juga para donatur untuk dapat memberikan atau mendonasikan buku-buku bacaan, alat tulis menulis ataupun alat peraga kepada Relasi Comunity Sabu Raijua, sehingga Program membentuk taman bacaan di setiap Dusun senantiasa berjalan dengan baik.

Jika ada yang berniat, donasi dapat dikirim melalui Basecamp Relasi Community Jln. Eltari, RT.04/ RW.07, Dusun 2, Desa Roboaba, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua. Kode Pos. 85391 atau di kirim ke Alamat : Komplek Perumahan Dinas Bandar Udara Tardamu Sabu, Jln. Eltari, RT. 011/RW.006, Kelurahan Mebba, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kode Pos. 85391.
Atas Nama : ADOLFUS PARERA, No Contact ; 0823-3969-2211. (dem – F2)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *