Bupati Bangkalan Apresiasi Anggota Dewan Pendidikan Hibahkan Ribuan Meter Tanah Untuk Pendidikan Berbasis Agama

  • Whatsapp

BANGKALAN | Kabaroposisi.net – Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron mengapresiasi dukungan dari salah satu anggota Dewan Pendidikan (DP) untuk kemajuan serta peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten setempat, khususnya dibidang pendidikan agama.

Menurut Ra Latif sapaan akrabnya, salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh anggota DP tersebut, berupa hibah sebidang tanah seluas 3,500 meter persegi untuk pembangunan sekolah MTsN 2 di Kabupaten Bangkalan Madura Jawa Timur.

“Saya sebagai Kepala Daerah tentunya sangat bangga dan mengapresiasi langkah H. Muzakki (Anggota DP, red) yang menghibahkan tanahnya seluas 3,500 meter persegi untuk pembangunan sekolah MTsN 2 berbasis pondok pesantren yang di fokuskan pada Tahfidzul Qur’an,” kata Ra Latif usai kegiatan prosesi serah terima hibah tanah di pendopo agung, senin (8/3/21) siang.

Ditempat yang sama, Haris Kepala Kemenag Bangkalan mengatakan, saat ini pihaknya fokus dan konsentrasi pada proses hibah tanah tersebut. Sebab kata dia untuk prosedur pendirian bangunan harus berada diatas tanah negara.

Foto bersama usai serah terima hibah tanah

“Dari proses hibah ini, kemudian nanti dirubah menjadi BMN (Barang Milik Negara). Baru setelah itu masuk pada tahapan pengajuan ke Kementerian Agama untuk pembangunan gedung MTsN 2 Bangkalan.” ujar Haris.

Berkenaan dengan hibah itu dirinya mengaku akan berupaya cepat dalam proses pengajuan pembangunan tersebut, entah malalui dana Kementerian Agama ataupun dana SPSN.

“Ini bukan hanya Madrasah Tsanawiyah Negeri saja, akan tetapi juga madrasah yang berbasis pondok pesantren, tahasusnya adalah Tahfidzul Qur’an karena itu amanat dari yang menghibahkan tanah.” kata Haris dihadapan media.

Dirinya juga merinci mengenai jenis program pendidikan yang dicanangkan akan direalisasikan untuk mendukung peningkatan SDM tunas bangsa diseputar kabupaten setempat.

“Jadi disana itu, nanti juga ada kegiatan khusus menghafal Al-Qur’an, dan kebetulan pak Muzakki ini adalah penggerak pelopor pendidikan Tahfidzul Qur’an yang ada di Kabupaten Bangkalan, selaras dengan program Bupati. “Bangkalan Menghafal.” jelasnya menambahkan.

Sementara itu, H. Muzakki, GH anggota Dewan Pendidikan Bangkalan menyampaikan, hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program Bupati Bangkalan, yang mana saat ini Kabupaten setempat dikenal sebagai kota dzikir dan sholawat.

Muzakki menilai pendidikan di Kabupaten Bangkalan yang berbasis keagamaan sangat minim tidak sebanding dengan Sekolah Dasar (SD) Negeri.

“Saya harap kedepannya akan dapat bertumbuh kembang hibah dari masyarakat untuk membangun sekolah negeri berbasis agama guna mendukung Perda Bupati yang religi dengan selogan Bangkalan menjadi kota dzikir dan sholawat.” kata Muzakki saat ditemui usai agenda seremonial penyerahan hibah tanah tersebut.

Hibah itu menurut Muzakki diharapkan menjadi stimulan dalam mendukung tumbuhkembang lembaga pendidikan negeri yang berbasis agama.

“Oleh karenanya, hal ini sebagai langkah awal untuk menambah pembangunan sekolah negeri berbasis agama yang dinilai selama ini masih minim keberadaannya di Kabupaten Bangkalan,” ungkapnya Muzakki.

Kegiatan penandatanganan serta serah terima hibah tanah yang digelar di pendopo agung Bangkalan, dihadiri oleh Bupati Bangkalan, Kapolres Bangkalan, Ka Menag Bangkalan, perwakilan dari BPN, dan semua anggota Dewan Pendidikan,” pungkasnya. (Sul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *