Merawat Tradisi Gemohing, Babinsa Koramil 1624-06 Boru dan Warga Giatkan Jumat Bersih

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET.| FLORES TIMUR Guna menanamkan rasa cinta lingkungan dan menciptakan lingkungan yang bersih, Koramil 1624-06 Boru menggelar kegiatan Jumat Bersih di sejumlah titik di wilayah Desa Boru yang adalah pusat Pemerintahan Kecamatan Wulanggitang.

Kegiataan itu diikuti oleh segenap Bintara Pembina Desa (BABINSA) dan warga setempat. Jumat (19/2/2021).

Adapun yang dilakukan dalam kegiatan Jumat Bersih itu antara lain, melakukan pembersihan sampah di sepanjang daerah aliran air, pembersihan tumpukan sampah di beberapa titik yang bukan merupakan tempat pembuangan sampah, serta menebang dahan kayu yang menghalangi badan jalan.

Danramil 1624-06 Boru, Letda Inf. Muhamad Tohir, melalui Koptu Yohanes B.Puka, mengatakan sebagai unsur pelaksanaan yang bertugas melaksanakan pembinaan teritorial, pihaknya telah diintruksikan berada di tengah-tengah masyarakat guna memberikan kontribusi positif, salah satunya menanamkan rasa cinta lingkungan dengan cara menciptakan lingkungan yang bersih serta memberikan edukasi terkait pentingnya kebersihan lingkungan.

“Ini adalah kontribusi TNI di tengah masyarakat. Saya berharap masyarakat secara perlahan sadar akan kebersihan lingkungan. Lingkungan bersih itu berangkat dari diri kita sendiri dan keluarga. Cintailah diri kita dan sesama dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tutur Koptu Yanto di sela-sela kegiatan itu.

Tak hanya itu, Koptu Yanto juga mengatakan, gotong royong Jumat bersih yang melibatkan warga setempat juga merupakan cara untuk merawat tradisi yang telah diwariskan oleh leluhur, oleh masyarakat setempat disebut Gemohing.

“Kehadiran TNI di tengah masyarakat melalui kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan komunukasi dan membangun keakraban antara TNI dan masyarakat. Kita berharap semangat gemohing Jumat bersih ini dapat dilakukan secara berkesinambungan,” ujar Koptu Yanto yang juga adalah putra daerah setempat.

Keterlibatan Babinsa dalam giat Jumat bersih tersebut juga merupakan langkah dalam mendukung program Lingkungan Bersih Pemerintah Kecamatan Wulanggitang yang akan dicanangkan secara resmi pada bulan Maret mendatang. (GOE-F1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *