Sersan Dua Supardi Sosok Prajurit Yang Ramah Pada Masyarakat Binaan

  • Whatsapp

PROBOLINGGO,KABAROPOSISI.NET,- Sebagai Prajurit teritorial yang sering disebut sebagai Babinsa, Sersan Dua Supardi sehari harinya berada ditengah tengah masyarakat seperti rekan-rekan Babinsa lainnya.

Anggota Koramil 0820/10 Kuripan ini, selalu ada bersama rakyat dan seluruh komponen masyarakat diwilayah tanggung jawabnya sebagai Babinsa.
Tepatnya berada di Desa Kedawung, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo.

Karena sudah menjadi slogan bagi dirinya yaitu “Bersama rakyat TNI Kuat” Kalo kita mencermati slogan tersebut memang TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat, khususnya bagi satuan kewilayahan seperti Koramil 0820/11 Sumber. Rabu, (3-2-21)

Sersan Dua Supandi selalu berusaha berada di tengah-tengah rakyatnya dalam segala macam kegiatan baik yang merupakan tugas pokok TNI atau tugas tambahan membantu Pemerintah Daerah seperti saat Pandemi Covid 19 ini, dan kegiatan sosial lainnya.
Sebagai Prajurit yang sudah dibekali dengan pengetahuan ilmu teritorial yang cukup, banyak kegiatan yang dilaksanakan sebagai sarana pendekatan kita kepada masyarakat salah satunya adalah dengan cara “Komunikasi Sosial” atau Komsos. Prajurit teritorial harus mampu melaksanakan Komsos dengan baik. Komsos adalah sebagai sarana Komunikasi Prajurit dengan rakyatnya sehingga bisa mengetahui dan mengerti perkembangan yang terjadi di masyarakat dan bisa dijadikan sumber informasi perkembangan situasi diwilayah.

Hal seperti ini sudah biasa dilaksanakan Prajurit teritorial dalam mendukung pelaksanaan tugasnya disetiap harinya..
Dengan kegiatan Komsos kita langsung dapat bertemu dan bertatap muka dengan masyarakat jadi kita bisa mendengar langsung apa yang mereka sampaikan kepada kita. Dari situ kita bisa mendapatkan informasi sebagai pengumpulan data untuk kita sampaiakan kepada pimpinan. Segala permasalahan masyarakat dapat kita tampung bahkan tidak jarang kita dapat membantu menyelesaikan permasalahan mereka, sehingga rakyat merasa terbantu dengan kehadiran Babinsa di wilayah tersebut.

Pada saat Tim Penerangan 0820 berkesempatan bertemu dengan Komandan Koramil 0820/10 Kuripan, Kqpten Inf Subei Sugino mengatakan Komsos sangat efektif digunakan Babinsa untuk sarana silahturahmi dan saling mengenal, apalagi disaat seperti saat ini menjelang pemberian vaksin Covid-19, banyak berita hoax yang tersebar dimasyarakat. Untuk mencounter semua itu kita bisa menggunakan metode Komsos untuk menjelaskan kepada masyarakat seperti yang dilakukan Serda Supardi kepada Ahmad Rt,04. Rw.02. Dusun Krajan Kedawung, Desa Kedawung Kecamatan Kuripan. yang tadinya antipati terhadap pemberian Vaksin, sekarang menjadi pelopor untuk mengajak keluarga dan masyarakat sekitar untuk menerima pemberian Vaksin. Pungkas Kapten Inf Subei Sugino, Komandan Koramil 0820/10 Kuripan. (Cakra393-Win)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *