Hujan Dengan Intesitas Tinggi, Sebabkan Banjir Dan Pohon Tumbang

  • Whatsapp

KABAROPOSISI.NET|BANYUWANGI – Hujan deras disertai angin kencang terjadi hampir merata di wilayah Kabupaten Banyuwangi Rabu 03/02/221.

Guyuran air hujan dan angin kencang yang berlangsung sekira dari pukul 15:00 hingga jelang waktu sholat magrib itu. Sebabkan terjadinya banjir dan kayu tumbang.

Seperti dikabarkan oleh warga inisial “AP” melalui sebuah video, banjir terjadi di Dusun Banyuputih Desa Macan Putih Kecamatan Kabat, dan foto kejadian pohon roboh di Desa Padang Kecamatan Singojuruh.

Terlihat dari tayangan video berdurasi kurang lebih selama 2 menit itu, air muntahan dari sungai melalui jembatan genangi jalan desa dan pemukiman warga hingga setinggi pinggang orang dewasa. Warga panik karena rumahnya dimasuki air tampa permisi. Tampak pula ada yang ramai-ramai lakukan evakuasi sampah bawaan air guna memperlancar aliran supaya tidak memasuki rumah-rumah warga.

Kepala Desa Macan Putih M. Farid, dikonfirmasi tentang penyebab terjadinya genangan air / banjir di Dusun Banyuputih selain karena hujan deras menyampaikan.

“Tersumbatnya jembatan oleh sampah dan kayu-kayuan, datangnya air dari 3 penjuru jadi satu, sehingga jembatan tidak muat menampung debet air yang tinggi, solusinya perlu sudetan. Untuk persoalan ini sebenarnya sudah kita laporkan beberapa waktu yang lalu ke Dinas PU”, tutur Kades M. Farid.

Di waktu yang sama hujan deras yang dibarengi angin kencang itu, robohkan pohon Trembesi ukuran besar di Desa Padang Kecamatan Singojuruh. Pohon yang berada tepat di barat Kantor Desa Padang itu, terkapar rebahkan badanya ke jalan raya tak mampu tahan terjangan angin kencang. Beruntung jalanan sepi dari lalu-lalang pengguna jalan, sehingga tidak menyebabkan adanya korban. (r35).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *